KEKURANGAN VITAMIN B12

Kelelahan merupakan gejala paling umum pada orang yang mengalami kekurangan vitamin B12. Tanda-tanda lain terjadinya kekuranga vitamin B12 adalah seperti kebingungan, limbung saat berjalan, mati rasa, kesemutan, dan kelelahan.


Vitamin B12 merupakan vitamin penting yang dapat larut dalam air dan umumnya ditemukan dalam berbagai makanan seperti ikan, kerang, daging, telur, dan produk susu. Vitamin B12 sering digunakan dalam kombinasi dengan vitamin B lainnya dalam formulasi vitamin B kompleks.
Vitamin B12 terikat pada protein dalam makanan. Pada proses pencernaan vitamin B12 dilepaskan dari protein dengan bantuan asam. Setelah dilepaskan, vitamin B12 bergabung dengan zat tertentu sebelum diserap kedalam aliran darah. 

Apakah tanda dan gejala kekurangan vitamin B12?
Kelelahan merupakan gejala paling umum pada orang yang mengalami kekurangan vitamin B12. Namun kelelahan dapat menjadi tanda dan gejala untuk beberapa penyakit lain. Tanda-tanda lain terjadinya kekuranga vitamin B12 adalah seperti kebingungan, limbung saat berjalan, mati rasa, kesemutan, dan kelelahan.

Apakah faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kekurangan vitamin B12?
Kekurangan vitamin B12 dapat terjadi ketika tidak mendapatkan nutrisi yang tepat dalam makanan, ketika tubuh tidak dapat menyerap nutrisi dengan benar, dan bila terjadi berbagai masalah lain pada sistem pencernaan. Vitamin B12 umumnya ditemukan pada makanan hewani, sehingga pada orang yang alergi atau vegetarian memiliki resiko mengalami kekurangan vitamin B12. Pecandu alkohol dapat mengalami gangguan penyerapan nutrisi yang dibutuhkan termasuk vitamin B12. Faktor usia juga dapat menyebabkan masalah terjdinya penyerapan gizi dan kekurangan gizi.

Apakah yang terjadi jika mengalami kekurangan vitamin B12?
Vitamin B12 merupakan nutrisi yang berfungsi untuk membentuk sel darah merah yang sehat. Ketika seseorang mengalami kekurangan vitamin B12 kronis maka dapat menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah atau anemia.

Pada beberapa kasus yang lain kekurangan vitamin B12 kronis dapat menyebabkan gangguan mental seperti kebingungan, kehilangan ingatan, dan pikun. Pada kondisi kekurangan vitamin B12 yang ringan dapat terjadi kerusakan saraf, anemia dan kelemahan tulang.

Apakah makanan yang mengandung vitamin B12?
Sumber makanan untuk vitamin B12 terbaik adalah pada produk hewani seperti daging sapi, unggas, makanan laut, dan makanan olahan dari susu (susu, telur, yogurt, keju). Madu, sayuran, dan buah bukan merupakan sumber vitamin B12 yang baik sehingga pada orang vegetarian kemungkinan tidak  mendapatkan asupan vitamin B12 dengan baik. Pada orang vegetarian dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin B12 tambahan.

Apakah terdapat obat yang dapat menyebabkan gangguan penyerapan vitamin B12 pada tubuh?
Terdapat beberapa obat tertentu yang dapat menyebabkan gangguan penyerapan vitamin B12 pada tubuh seperti obat untuk diabetes, antasida, dan obat untuk kejang.

Apakah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kekurangan vitamin B12?
Bagi beberapa orang mengkonsumsi suplemen tambahan atau mengkonsumsi produk hewani dapat membantu meningkatkan kadar vitamin B12 dalam tubuh. Namun, pada beberapa kondisi kesehatan tertentu dibutuhkan dosis vitamin B12 atas rekomendasi dokter.

Kekurangan vitamin B12 dapat diatasi dengan memiliki pola makan yang seimbang atau konsumsi suplemen tambahan.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Healthline. (2016, 10 Desember). The Symptoms of Vitamin B Deficiency. Diperoleh 13 Juni 2017 dari: http://www.healthline.com/health/symptoms-of-vitamin-b-deficiency#overview1
  2. Mayo Clinic. (2013, 01 November). Vitamin B12. Diperoleh 13 Juni 2017 dari: http://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/vitamin-b12/background/hrb-20060243
  3. WebMD. (2017, 28 Februari). What Do You Know About Vitamin B12 Deficiency?. Diperoleh 13 Juni 2017 dari: http://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/vitamin-b12-rm-quiz?ecd=wnl_spr_061217&ctr=wnl-spr-061217_nsl-ld-stry_1&mb=4DDisyjtXTSPYEW4cDa65RXFE73IOX1cm5oHOW%2fmre8%3d