BAHAYA INSOMNIA PADA KESEHATAN

Terjadinya insomnia atau gangguan tidur dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.


Insomnia merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi telinga kita. Insomnia diartikan sebagai gangguan tidur yang terjadi pada malam hari.  Insomnia adalah kelainan tidur umum yang menyebabkan tidur tidak berkualitas atau memiliki waktu tidur yang pendek.
Insomnia merupakan kondisi yang diartikan seperti :

Apakah aktifitas yang dapat menigkatkan resiko terjadinya insomnia?
Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan terganggunya tidur. Beberapa aktifitas tersebut adalah yang sering dilakukan sehari-hari atau merupakan gaya hidup, seperti :

Apakah dampak yang terjadi pada tubuh akibat insomnia?
Tidur merupakan aktifitas yang pentig untuk kesehatan tubuh dan menjalani kegiatan sehari-hari. Apapun penyebab terjadinya insomnia atau gangguan tidur akan tetap menyebabkan masalah pada emosi dan fisik tubuh. Seseorang yang mengalami gangguan tidur memiliki kualitas tidur lebih rendah dibandingkan dengan seseorang yang memiliki  kualitas tidur bagus.

Berikut beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan karena insomnia :

Tidur merupakan aktifitas penting bagi tubuh untuk pemulihan dan menenangkan tubuh.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Healthline. (2017, 06 Februari). Effect of Insomnia On the Body. Diperoleh 13 Juni 2017 dari: http://www.healthline.com/health/insomnia-concerns#overview1
  2. Patient. (2014. 22 Juli). Insomnia (Poor Sleep). Diperoleh 13 Juni 2017 dari: https://patient.info/health/insomnia-poor-sleep