MEMAR DI KULIT? APA PENYEBABNYA?

Memar pada tubuh disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah yang berada didekat permukaan kulit sehingga darah mengalir hingga ke jaringan bawah kulit. Darah yang mengalir tersebut menyebabkan memar seperti tanda berwarna kehitaman dan biru pada kulit.


Pernahkah anda mengalami memar seperti kebiruan pada kulit secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas?  Pada umumnya munculnya memar bukan merupakan pertanda penyakit serius atau berbahaya dan dapat hilang tanpa pengobatan. Namun, terkadang memar dapat disebabkan oleh masalah yang serius. Memar umumnya terjadi pada orang lanjut usia.

Memar adalah kondisi dimana terjadinya pecah pada pembuluh darah yang berada didekat permukaan  kulit, sehingga menyebabkan darah bocor ke jaringan bawah kulit. Darah yang bocor tersebut dapat menyebabkan memar seperti tanda berwarna kehitaman dan biru yang akan memudar ketika sembuh.

Mengapa memar umumnya terjadi pada orang lanjut usia?
Umumnya memar terjadi saat pembuluh darah kecil (kapiler) yang berada pada dekat permukaan kuliy mengalami kerusakan akibat benturan atau luka. Bila hal itu terjadi , kebocoran darah yang keluar dari pembuluh darah dan akan terlihat seperti tanda hitam atau biru. Warna hitam atau biru tersebut akan memudar karena tubuh akan menyerap kembali darah yang bocor tersebut. Ukuran memar pada kulit didasarkan pada pukulan atau benturan yang diterima oleh tubuh.
Wanita dan lansia pada umumnya lebih mudah mengalami memar. Seiring bertambahnya, kulit menjadi lebih tipis dan kehilangan beberapa lapisan lemak yang membantu melindungi pembuluh darah dari cedera.

Apakah obat dan suplemen dapat menyebabkan memar?
Penggunaan obat seperti golongan pengencer darah (contoh: aspirin) dapat menurunkan kemampuan darah mengalami penggumpalan. Akibatnya, jika terjadi pendarahan dari kerusakan kapiler akan membutuhkan proses penyembuhan dalam waktu yang lebih lama dari normalnya dan kemungkinan dapat menyebabkan memar yang lebih besar. Jika selama penggunaan obat-obatan menyebabkan memar tanpa sebab yang jelas, maka dapat dikonsultasikan dengan dokter untuk penggunaan obat tersebut.

Kapan pembengkakan memar disebabkan oleh kondisi yang berbahaya?
Memar dapat menandakan kondisi yang serius seperti masalah pembekuan darah atau penyakit darah. Tanda dan gejala yang menandakan kondisi berbahaya adalah :

Tanda dan gejala tersebut dapat disebabkan oleh kondisi medis seperti rendahnya kadar komponen darah yang membantu proses pembekuan darah setelah cedera, trombosit darah tidak berfungsi secara normal, dan mengalami masalah pada protein yang membantu pembekuan darah. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui penyebab terjadinya memar.

Bagaimana cara mencegah atau mengatasi memar?
Untuk mencegah terjadinya memar yang ringan, dapat dilakukan beberapa langkah seperti :

Berikut tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi memar :

Menjadi lebih peka terhadap setiap perubahan pada tubuh dan melakukan tindak lanjut berkonsultasi dengan ahlinya dapat membantu mencegah penyakit dan meningkatkan kualitas hidup.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2014, 05 November). Bruise: First Aid. Diperoleh 14 Juni 2017 dari: http://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid-bruise/basics/art-20056663
  2. Mayo Clinic. (2017, 04 Maret). Easy Bruising : Why Does It Happen. Diperoleh 14 Juni 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/healthy-aging/in-depth/easy-bruising/art-20045762?pg=1