MENGAPA SIKLUS MENSTRUASI TIDAK TERATUR?

Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan oleh beberapa penyakit yang mengganggu fungsi rahim, seperti Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), gangguan fungsi ovarium, penyakit radang panggul.


Mengetahui waktu mulai dan terakhir menstruasi membantu untuk memahami kondisi yang normal dan tidak normal. Sebagian besar terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur bukan disebabkan oleh kondisi kesehatan yang berbahaya. Ketika menstruasi mengalami keterlambatan dan yakin tidak hamil dan merasa sehat maka tidak perlu dikhawatirkan.

Apakah yang dimaksud siklus menstruasi?
Siklus menstruasi merupakan rangkaian perubahan bulanan yang harus dicapai tubuh wanita untuk persiapan kemungkinan kehamilan. Setiap bulan, salah satu indung telur akan melepaskan sel telur yang disebut proses ovulasi. Pada saat bersamaan juga terjadi perubahan hormonal mempersiapkan rahim untuk kehamilan. Jika proses ovulasi terjadi dan sel telur tidak dibuahi, maka lapisan rahim akan meluruh dan keluar melalui vagina. Hal ini yang disebut periode menstruasi.

Apakah yang dimaksud siklus menstruasi normal?
Siklus menstruasi dihitung mulai dari hari pertama menstruasi pada bulan ini hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Siklus menstruasi dapat terjadi setiap 21 sampai 35 hari dan panjang periode menstruasi  dua sampai tujuh hari. Pada beberapa tahun pertama setelah menstruasi dimulai sering terjadi siklus yang panjang. Siklus menstruasi cenderung akan menjadi lebih pendek dan lebih teratur seiring dengan bertambahnya usia.

Siklus menstruasi yang teratur memiliki panjang siklus yang sama setiap bulan. Siklus menstruasi yang normal juga berupa siklus menstruasi yang agak tidak teratur, pendarahan ringan atau berat, menimbulkan rasa sakit atau tidak, siklus menstruasi yang panjang atau pendek.

Penggunaan kontrasepsi tertentu seperti pil KB dan alat kontrasepsi IUD akan dapat mengubah siklus menstruasi. Kondisi lain yang dapat mengubah siklus menstruasi adalah ketika terjadi menopause. Namun karena resiko terjadinya kanker rahim maka diperlukan pemeriksaan medis ketika terjadi siklus menstruasi yang tidak teratur.

Bagaimana cara untuk mengetahui siklus menstruasi?
Mencatat siklus menstruasi di kalender merupakan cara untuk mengetahui siklus menstruasi yang normal pada seseorang. Mulai dengan menandai kalender pada saat menstruasi setiap bulan. Berikut beberapa hal yang perlu dicatat :

Apakah penyebab terjadinya menstruasi yang tidak teratur?
Siklus menstruasi yang tidak teratur memiliki beberapa penyebab, seperti :

Adakah cara untuk mencegah terjadinya menstruasi tidak teratur?
Bagi beberapa wanita, penggunaan pil KB dapat membantu mengatur siklus menstruasi. Pengobatan untuk masalah mendasar seperti gangguan makan. Namun terdapat beberapa penyimpangan menstruasi tidak dapat dicegah. Berikut beberapa hal yang dapat dikonsultasikan dengan dokter :

Pencatatan siklus menstruasi berguna untuk mengetahui kondisi bagian reproduksi wanita. Berkonsultasi dengan dokter segera mungkin ketika terjadi kondisi abnormal dapat mencegah terjadinya gangguan sedini mungkin.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2016, 11 Mei). Menstrual Cycle : What’s Normal, What’s Not. Diperoleh 31 Mei 2016 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/menstrual-cycle/art-20047186