BAGAIMANA CARA MENGURANGI KANTUNG MATA?

Menggunakan kompres dingin pada daerah mata dan sekitarnya selama beberapa menit dapat membantu mengurangi terjadinya kantong mata.


Kantung mata merupakan kondisi bengkak ringan atau bengkak yang parah pada bagian bawah mata yang biasnya terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Proses penuaan pada tubuh melemahkan jaringan disekitar mata dan beberapa otot yang menopang kelopak mata. Lemak normal yang membantu menopang mata masuk ke dalam bagian bawah mata sehingga menyebabkan tampak bengkak. Cairan juga dapat menumpuk dibagian bawah mata yang dapat menyebabkan pembengkakan.
Kantung mata bukan merupakan penyakit medis tertentu. Umumnya seseorang ingin menghilangkan kantung mata karena merasa dapat merusak penampilan. Beberapa perawatan yang dapat dilakukan dirumah atau klinik kecantikan dapat membantu mengatasi kantung mata.

Apakah penyebab terjadinya kantung mata?
Seiring bertambahnya usia makan struktur jaringan dan otot yang menopang kelopak mata melemah. Kulit akan menjadi kendur dan lemak yang biasas berada pada area sekita mata dapat bergerak ke area dibawah mata. Selain itu, dapat terjadi penumpukan cairan pada bawah mata. Sehingga dapat menyebabkan bagian bawah mata seperti bengkak, berwarna kehitaman atau lebih gelap dari warna kulit disekitarnya, dan kulit menjadi terlihat kendur.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kantung mata :

Bagaimana penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kantung mata?
Kantung mata umumnya tidak memerlukan penanganan atau perawatan khusus. Perawatan di rumah dan perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi atau menghilangkan mata bengkak. Berbagai terapi dilakukan untuk memperbaiki kantung mata seperti operasi kelopak mata. Operasi kelopak mata (blepharoplasty) dapat membantu untuk menghilangkan atau menyalurkan kembali kelebihan lemak, otot dan kulit yang kendur.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi atau mengurangi kantung mata :

Gaya hidup sehat merupakan sarana bagi tubuh untuk mengatasi masalah kesehatan yang paling remeh hingga yang paling serius.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2014, 26 September). Bags Under Eyes. Diperoleh 29 Mei 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bags-under-eyes/basics/lifestyle-home-remedies/con-20034185
  2. Webmd Boots. (2016, 19 April). Solutions for Bags Under Eyes, Dark Circles, and Puffy Eyes. Diperoleh 29 Mei 2017 dari : http://www.webmd.boots.com/healthy-skin/guide/dark-circles-puffy-eyes