APAKAH FUNGSI DARI KOLAGEN BAGI TUBUH?

Kolagen adalah protein yang dapat ditemukan pada tubuh manusia seperti di otot, kulit, pembuluh darah, sistem pencernaan, dan tendon. Kolagen memiliki fungsi memberi kekuatan dan elastisitas kulit dan membantu penggantian sel kulit mati.


Kolagen adalah protein yang merupakan bagian dari tulang rawan, tulang , dan jaringan lainnya pada hewan dan manusia. Kolagen membantu memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Sedangkan pada persendian dan tendon, kolagen bermanfaat sebagai “lem” yang membantu menahan tubuh.

Kolagen diproduksi secara alami oleh tubuh dan dapat menjadi lambat seiring bertambahnya usia. Penurunan produksi kolagen pada tubuh dapat menimbulkan proses penuaan seperti keriput, kulit yang kendur, dan nyeri sendi. Beberapa faktor gaya hidup dapat menyebabkan penurunan produksi dari kolagen seperti :

Apakah fungsi kolagen pada tubuh?

  1. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut
    Produksi kolagen pada tubuh dapat menurun karena pertambahan usia. Penurunan kolagen pada tubuh menimbulkan tanda penuaan secara fisik, seperti kulit menjadi lebih longgar, kulit menjadi keriput dan berkurang elastisitasnya. Meningkatkan konsumsi kolagen dapat membantu kulit menjadi terlihat lebih kencang dan membantu sel kulit mengalami pembaruan dan perbaikan secara normal.
    Menurut penelitian, mengkonsumsi kolagen sebanyak 2,5-5 gram sekali sehari pada wanita berusia 35-55 tahun dapat meningkatkan elastisitas kuliy, kelembapan kulit, mencegah kulit mengalami kekurangan air, dan mengurangi kekasaran kulit. Kolagen juga dapat mengurangi selulit. Ketika tubuh mengalami penurunan kolagen dapat menyebabkan selulit menjadi lebih terlihat.
     
  2. Penurunan nyeri pada sendi
    Penurunan kolagen pada tubuh dapat menyebabkan kekakuan, bengkak pada persendian, dan beberapa hal lain. kolagen memiliki struktur seperti gel sehingga dapat melapisi dan menahan tulang. Kolagen dapat memungkinkan untuk bergerak tanpa rasa sakit. Mengkonsumsi kolagen dapat membantu pergerakan sendi sehingga mengurangi rasa sakit yang sering dialami karena proses penuaan dan mengurangi resiko kerusakan sendi.
     
  3. Memperbaiki masalah pada pencernaan
    Menurut penelitian, menemukan bahwa asam amino dalam kolagen dapat membangun jaringan yang melapisi usus dan lambung. Mengkonsumsi kolagen dapat membantu mengatasi gejala dan gangguan lambung. Kolagen juga dapat membantu penyerapan air pada usus .

Beberapa fungsi lain dari kolagen adalah :

Tipe Kolagen

Terdapat beberapa tipe kolagen yang terdapat pada makanan atau suplemen kolagen yang dikonsumsi. Berikut beberapa tipe kolagen :

Cintai tubuh anda dengan cara menjalani gaya hidup sehat.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Dr.Axe. What is Collagen? 7 Ways Collagen Can Boost Your Health. Diperoleh 02 Juni 2017 dari: https://draxe.com/what-is-collagen/