CEGAH DEHIDRASI SAAT BERPUASA

Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat seperti buah dan sayuran dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi selama berpuasa.


Berpuasa selama ramadhan bukan hanya tidak boleh makan, tetapi juga tidak boleh minum dalam rentang waktu tertentu. Selama berpuasa dalam sebulan, aktifitas atau kegiatan sehari-hari tetap berjalan seperti normal. Resiko untuk terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan dapat terjadi setiap saat. Orang dewasa yang memiliki resiko tinggi terjadi ketika berpuasa adalah yang memiliki riwayat penyakit diabetes melitus.
Bagaimana tanda dan gejala dehidrasi? Bagaimana cara penanganan dehidrasi?

Tanda dan gejala terjadinya dehidrasi
Rasa haus tidak selalu menjadi indikator awal untuk memastikan tubuh membutuhkan air. Banyak orang terutama orang dewasa tidak merasakan haus hingga mereka mengalami dehidrasi. Berikut beberapa tanda dan gejala terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan :

Mengapa harus segera membatalkan puasa ketika dehidrasi?
Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius seperti :

Bagaimana cara mencegah terjadinya dehidrasi saat puasa?
Untuk mencegah terjadinya dehidrasi selama bulan puasa adalah dengan mengkonsumsi banyak cairan dan meningkatkan makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayuran. Cairan dan makanan yang tinggi serat dapat dikonsumsi ketika sahur dan setelah berbuka puasa. Untuk menjaga kecukupan cairan diperlukan untuk mengkonsumsi air putih secukupnya ketika setelah berbuka puasa. Berikut beberapa  tips untuk mencegah dehidrasi selama puasa :

Bagaimana cara penanganan dehidrasi saat puasa?
Satu-satunya pengobatan yang efektif untuk dehidrasi adalah dengan menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang. Pengobatan dehidrasi tergantung pada usia dan tingkat keparahan dehidrasi. Pada umumnya orang dewasa yang mengalami dehidrasi ringan hingga sedang karena berpuasa dapat membgembalikan cairan tubuh dengan mengkonsumsi banyak air atau cairan.

Anak-anak dan orang dewasa yang mengalami dehidrasi berat harus ditangani oleh tenaga medis. Karena mereka membutuhkan garam dan cairan melalui pembuluh darah agar dapat dengan cepat dan mempercepat pemulihan. Orang dewasa yang memiliki resiko tinggi mengalami komplikasi dehidrasi selama berpuasa adalah yang memiliki riwayat penyakit diabetes melitus.

Tubuh memerlukan penyesuaian untuk menjalani perubahan pola makan dan minum selama berpuasa. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dapat membantu mencegah gangguan kesehatan selama berpuasa.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2016, 29 Oktober). Dehydration. Diperoleh 05 Juni 2017 dari: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dehydration/symptoms-causes/dxc-20261072
  2. WebMD. (2014, 04 Juni). Dehydration. Diperoleh 05 Juni 2017 dari: http://www.webmd.com/fitness-exercise/tc/dehydration-prevention