APAKAH VITAMIN DAN SUPLEMEN DIBUTUHKAN SELAMA PUASA?

Suplemen tambahan sebetulnya dibutuhkan oleh seseorang yang memiliki kondisi kesehatan khusus. Suplemen tambahan dibutuhkan oleh orang yang berpuasa jika makanan yang dikonsumsi kurang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.


Mitos yang umumnya berkembang di masyarakat adalah dengan mengkonsumsi vitamin berarti sedang menjalani hidup sehat dan vitamin dapat membuat tubuh kebal dari segala macam penyakit. Namun sejumlah penelitian menyatakan bahwa suplemen tidak selalu bermanfaat.
Namun pada beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu, suplemen dan vitamin dapat memberikan manfaat kesehatan yang penting. Dokter akan menyarankan suplemen dan vitamin tertentu untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
Perubahan pola makan dan pola tidur ketika puasa, sering kali menjadi pertimbangan seseorang untuk mengkonsumsi vitamin dan suplemen agar puasa yang dijalani tetap lancar. Lalu apakah tubuh memang membutuhkan suplemen dan vitamin?

Suplemen bukanlah sulap
Penting untuk diingat bahwa mengkonsumsi suplemen tidak dapat menggantikan pola makan yang sehat. Beberapa orang mempercayai mitos bahwa mengkonsumsi suplemen dapat menggantikan nutrisi ketika sedang berpuasa. Faktanya, suplemen tidak dapat memberikan nutrisi secara ajaib ketika sedang berpuasa.
Untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa, sebaiknya adalah dipenuhi lewat makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan yang dapat memberikan nutrisi untuk mencukupi kebutuhan tubuh seperti

Jika makanan yang dikonsumsi selama berbuka puasa dan sahur dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sehingga tidak terjadi keluhan-keluhan tertentu yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan maka tidak dibutuhkan suplemen tambahan. Mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan dapat membantu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. sehingga tidak dibutuhkan suplemen tambahan untuk menjaga kekebalan tubuh.

Kondisi seperti apakah yang membutuhkan suplemen tambahan?
Terdapat beberapa kondisi yang mengharuskan seseorang untuk mendapatkan suplemen tambahan ketika berpuasa adalah :

Berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi suplemen tambahan dalam jangka panjang.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Healthline. (2016, 29 Juli). Do You Need to Take Vitamins? Diperoleh 07 Juni 2017 dari : http://www.healthline.com/health/do-you-need-take-vitamins#overview1