MENCEGAH ASAM LAMBUNG SELAMA BULAN PUASA

Berbuka puasa dan sahur dalam porsi yang besar dapat menyebabkan peningkatan asam lambung ketika berpuasa.


Salah satu masalah kesehatan yang dapat mengganggu puasa adalah peningkatan asam lambung. Umumnya ketika berpuasa seseorang pernah merasakan perut seperti penuh, begah, mual, dada hingga tenggorokan terasa seperti terbakar atau nyeri pada perut bagian atas.

Bagaimana cara agar asam lambung dapat dikendalikan selama berpuasa?

Pada beberapa kondisi seseorang membutuhkan obat untuk mengatasi peningkatan asam lambung. Obat yang dapat digunakan untuk mengatasi asam lambung tanpa resep dokter adalah antasida. Beberapa obat lain dapat dibeli atas rekomendasi dari Apoteker. Obat-obat tersebut dapat dikonsumsi untuk pencegahan, jika seseorang pernah mengalami peningkatan asam lambung atau sudah memiliki riwayat tukak lambung. Obat untuk pencegahan atau mengatasi asam lambung dapat dikonsumsi ketika berbuka puasa dan sahur.

Pada orang yang memiliki riwayat penyakit lambung seperti maag kronis dan tukak lambung, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika ingin berpuasa. Dan segera membatalkan puasa jika gejala yang dirasakan semakin sering dan tidak tertahankan.

Memperhatikan menu dan makan dalam porsi secukupnya dapat membantu mencegah gangguan kesehatan saat berpuasa.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2014, 31 Juli). GERD. Diperoleh 06 Juni 2017 dari: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/basics/lifestyle-home-remedies/con-20025201