BAGAIMANA MENCEGAH BAU MULUT SAAT BERPUASA?

Saat kita berpuasa, kita tidak minum dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini menyebabkan mulut menjadi kering dan memungkinkan untuk muncul aroma tidak sedap pada rongga mulut.


Berpuasa selama rentang waktu sekitar 12 jam dapat menyebabkan mulut menjadi kering dan peningkatan asam lambung. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan bau mulut. Bau mulut bukanlah penyakit atau kelainan yang berbahaya, namun dapat menurunkan rasa percaya diri dan kecemasan.
Umumnya cara paling sederhana untuk mengatasi bau mulut adalah mengkonsumsi permen pelega tenggorokan atau yang biasanya memiliki rasa mint. Namun cara tersebut tentu tidak dapat dilakukan ketika berpuasa.

Bagaimana cara mencegah bau mulut saat berpuasa?
Terdapat beberapa tips untuk mencegah bau mulut adalah :

Menjaga kebersihan mulut dapat membantu melancarkan puasa dan juga kegiatan sehari-sehari tanpa bau mulut.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2016, 02 Maret). Bad Breath. Diperoleh 05 Juni 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/manage/ptc-20192416