BERBAHAYAKAH KEJANG DEMAM PADA BAYI?

Kejang demam pada bayi umumnya tidak memberikan efek yang berkepanjangan. Kejang demam sederhana tidak menyebabkan kerusakan otak, keterbelakangan mental, atau ketidakmampuan belajar, dan tidak menyebabkan gangguan dasar yang lebih serius.


Sering kali ditemui anak bayi mengalami kejang ketika sedang mengalami peningkatan suhu tubuh. Pertanyaannya, seberapa bahayakah kejang yang dialami oleh bayi? Kejang yang disebabkan oleh demam umumnya terjadi pada anak-anak yang mengalami kenaikan suhu tubuh secara cepat. Umumnya kejang terjadi pada suhu diatas 390C. Kejang saat demam merupakan respon otak anak terhadap demam.
Kejang dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, berikut beberapa tanda dan gejala kejang yang disebabkan oleh demam :

Kejang demam dibedakan menjadi dua kelompok :

Penyebab kejang pada demam
Kejang demam disebabkan karena peningkatan suhu secara singkat.

Apakah terdapat efek setelah kejang?
Sebagian besar kejang demam tidak memberikan efek yang berkepanjangan. Kejang demam sederhana tidak menyebabkan kerusakan otak, keterbelakangan mental, atau ketidakmampuan belajar dan tidak menyebabkan gangguan mendasar yang lebih serius.

Kejang demam tidak mengindikasikan terjadinya epilepsi. Kecenderungan untuk terjadinya kejang berulang yang disebabkan oleh sinyal listrik di otak yang tidak normal. Resiko kekambuhan kejang lebih tinggi jika terjadi :

Bagaimana cara penanganan kejang demam?
Umumnya kejang demam berhenti sendiri dalam beberapa menit. Jika anak mengalami kejang lebih dari 10 menit atau jika anak mengalami kejang berulang maka segeralah meminta bantuan pada unit gawat darurat.
Jika anak mengalami kejang, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh orang tua :

Bagaimana pencegahan kejang demam?
Kejang demam dapat terjadi pada beberapa jam awal demam selama peningkatan suhu badan.

Tidak perlu panik jika bayi sedang demam. Kondisikan bayi tetap nyaman dan berikan kompres hangat. Berikan asupan nutrisi dan cairan yang dibutuhkan oleh bayi. Segera berkonsultasi ke dokter jika demam tidak turun dengan obat penurun panas.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2014, 05 Desember). Febrile Seizure. Diperoleh 04 Mei 2017 dari: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/febrile-seizure/basics/prevention/con-20021016
  2. WebMD. Fever Seizure. Diperoleh 04 Mei 2017 dari: http://www.webmd.com/children/tc/fever-seizures-topic-overview