INFEKSI GINJAL

Infeksi ginjal sangat rentan dialami oleh wanita terutama Ibu hamil. Upaya pencegahan terhadap terjadinya infeksi ginjal adalah dengan tidak menunda buang air kecil.


Infeksi ginjal atau dalam bahasa medis disebut dengan pyelonephritis merupakan jenis infeksi saluran kemih yang umumnya dimulai pada uretra atau kandung kemih dan masuk ke ginjal. Dibutuhkan penanganan yang tepat untuk infeksi ginjal karena dapat merusak ginjal secara permanen atau bakteri dapat menyebar ke aliran darah dan menyebabkan infeksi yang dapat menyebabkan kematian.
Tubuh memiliki dua ginjal yang terdapat satu disisi kanan dan kiri perut yang mengarah ke belakang perut. Ginjal membuat urine dengan mengosongkan tabung yang berada dia antara kandung kemih dan ginjal (ureter). Utine disimpan ke dalam kandung kemih dan dikeluarkan lewat tabung dari kandung kemih dari waktu ke waktu saat melakukan buang air kecil.

Penyebab infeksi ginjal
Pada umumnya infeksi ginjal terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih melalui tabung yang berisi urin dan mulai berkembang biak.  Bakteri dan infeksi yang terdapat dari bagian tubuh lain dapat menyebar melalui darah menuju ginjal.

Beberapa infeksi ginjal terjadi tanpa infeksi kandung kemih. Terkadang disebabkan karena masalah ginjal, seperti ketika seseorang lebih rentan mengalami infeksi ginjal karena memiliki batu ginjal atau kelainan ginjal.

Infeksi ginjal dapat terjadi pada segala usia dan umumnya hanya satu ginjal yang mengalami infeksi. Hal ini lebih umum terjadi pada wanita karena wanita lebih beresiko terkena infeksi kandung kemih. Pada wanita, uretra terletak lebih dekat dengan anus sehingga mempermudah bakteri masuk dari usus ke uretra. Uretra wanita juga lebih pendek daripada pria, sehingga bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih. Infeksi ginjal juga lebih sering terjadi pada anak-anak, orang lanjut usia dan selama kehamilan.

Bagaimana tanda dan gejala infeksi ginjal?
Tanda dan gejala pada infeksi ginjal meliputi :

 

Apakah faktor resiko infeksi ginjal?
Terdapat beberapa kondisi yang dapat meningkatkan terjadinya infeksi ginjal:

Penanganan infeksi ginjal
Penanganan infeksi ginjal dapat dilakukan dengan pengobatan medis yang meliputi :

Bagaimana upaya pencegahan untuk infeksi ginjal?
Terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi ginjal, meliputi :

Kesehatan tubuh ada ditangan kita sendiri.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2014, 16 Agustus). Kidney Infection. Diperoleh 25 April 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/kidney-infection/basics/prevention/con-20032448
  2. Patient. (2016, 01 April). Kidney Infection (Pyelonephritis). Diperoleh 25 April 2017 dari : https://patient.info/health/kidney-infection-pyelonephritis