MENGAPA PERLU CEK GULA DARAH RUTIN?

Melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin pada penderita diabetes memiliki banyak kegunaan dimana salah satunya adalah untuk mengevaluasi terapi pengobatan yang sedang digunakan.


Pemeriksaan gula darah rutin diperlukan oleh penderita diabetes untuk membantu mengontrol kadar gula dan mencegah komplikasi diabetes jangka panjang. Pemeriksaan gula darah dapat dilakukan dengan menggunakan alat pemeriksaan gula darah digital.
Pemeriksaan gula darah memiliki beberapa manfaat bagi penderita diabetes, seperti :

Kapan harus melakukan pemeriksaan gula darah?
Dokter umumnya akan menginformasikan frekuensi pemeriksaan kadar gula darah yang diperlukan. Frekuensi pemeriksaan gula darah umumnya disesuaikan pada jenis diabetes.

Jenis pemeriksaan kadar gula darah
Pemeriksaan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1, tipe 2, dan prediabetes meliputi :

Pemeriksaan HbA1C
Pemeriksaan gula darah ini menunjukkan kadar gula darah rata-rata selama dua atau tiga bulan. Pemeriksaan ini adalah mengukur presentase gula darah yang melekat pada hemoglobin, protein pembawa oksigen dalam sel darah merah. Semakin tinggi kadar gula darah maka semakin tinggi kadar gula dalam hemoglobin.

Jika hasil pemeriksaan HbA1C tidak konsisten atau seseorang berada dalam kondisi kesehatan tertentu seperti sedang mengalami kehamilan dapat menggunakan jenis pemeriksaan kadar gula darah yang lain, seperti :

Pemeriksaan gula darah acak.
Darah yang diambil pada pemeriksaan ini diambil kapan saja. Pemeriksaan ini tidak dipengaruhi oleh waktu terakhir makan. Kadar gula darah acak normal aalah <200 mg/dL.

Pemeriksaan gula darah puasa.
Darah yang diambil pada pemeriksaan setelah tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama kurang lebih 8 jam.

Pemeriksaan gula darah setelah makan
Darah yang diambil pada pemeriksaan ini adalah 2 jam setelah mengkonsumsi makanan atau minum cairan manis.

Apakah perlu melakukan pencatatan hasil pemeriksaan kadar gula darah?
Memiliki pencatatan hasil pemeriksaan kadar gula darah berguna untuk dokter melakukan evaluasi terapi pengobatan. Pencatatan juga berfungsi agar dokter dapat melakukan perencanaan pola makan, pengobatan, atau program olahraga.

Melakukan hidup sehat dan selalu mengevaluasi pengobatan merupakan kunci untuk melawan diabetes.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2014, 31 Juli). Diabetes. Diperoleh 26 April 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/basics/tests-diagnosis/con-20033091
  2. Mayo Clinic. (2014, 20 Desember). Blood Sugar Testing : Why, When, and how. Diperoleh 26 April 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/in-depth/blood-sugar/art-20046628
  3. WebMD. (2017, 15 Maret). How and When to Test Your Blood Sugar With Diabetes. Diperoleh 26 April 2017 dari : http://www.webmd.com/diabetes/guide/how-test-blood-glucose#2