HIPERTRIGLISERIDA

Trigliserida merupakan bentuk kelebihan kalori yang disimpan oleh tubuh untuk pembentukan energi.


Trigliserida merupakan sejenis lemak yang terdapat pada darah. Trigiserida terbentuk ketika makanan yang masuk kedalam tubuh diubah menjadi kalori dan kelebihan kalori diubah menjadi trigliserida. Trigliserida disimpan dalam lemak. Hormon akan melepaskan trigliserida untuk memberikan energi pada tubuh disela waktu makan. Ketika kalori yang dikonsumsi melebihi porsi kalori yang seharusnya dibakar akan menyebabkan peningkatan trigliserida.

Berapakah kadar normal trigliserida?
Pada pemeriksaan darah trigliserida, dapat menunjukkan kadar trigliserida dalam tubuh.

Apakah perbedaan trigliserida dan kolesterol?
Trigliserida dan kolesterol merupakan jenis dari lemak yang terdapat pada sirkulasi darah. Trigliserida merupakan kelebihan kalori pada tubuh yang dapat digunakan untuk membentuk energi. Kolesterol didalam tubuh memiliki fungsi untuk pembentukan sel dan hormon tertentu. Trigliserida dan kolesterol tidak dapat larut dalam darah, keduanya terdapat dalam darah dengan bantuan protein yang mengangkut lipid (lipoprotein).

Apakah efek dari peningkatan trigliserida?
Peningkatan trigliserida dapat menyebabkan pengerasan arteri dan penebalan dinding arteri (aterosklerosis) yang dapat meningkatkan resiko stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung. Trigliserida yang sangat tinggi (>1000mg/dL) dapat menyebabkan pankreatitis akut.

Terkadang trigliserida yang tinggi merupakan tanda diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol dengan baik, kadar hormon tiroid yang rendah, penyakit hati atau ginjal, atau kondisi genetik langka yang mempengaruhi metabolisme tubuh. Peningkatan trigliserida juga dapat disebabkan oleh efek samping penggunaan obat-obatn seperti beta blcoker, pil KB, diuretik, dan steroid.

Bagaimana cara menurunkan trigliserida?
Gaya hidup sehat merupakan kunci untuk dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Berikut pola hidup sehat yang dapat dilakukan :

Hidup sehat merupakan cara untuk mencintai tubuh.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2015, 15 Agustus). Triglycerides : Why Do They Matter?. Diperoleh 26 April 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/triglycerides/art-20048186?pg=2
  2. WebMD. (2016, 18 Mei). Foods to Avoid If You Have High Triglycerides. Diperoleh 26 April 2017 dari : http://www.webmd.com/cholesterol-management/ss/slideshow-triglyceride-foods-to-avoid