KULIT KERING

Kulit kering umumnya disebabkan karena berada ditempat yang dingin. Kondisi lingkungan tersebut meningkatkan resiko kulit kehilangan banyak air dan menyebabkan kulit kering.


Kulit kering umumnya bukan penyakit yang serius tetapi dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Umumnya kulit kering disebabkan karena faktor lingkungan yang dapat dikontrol. Faktor-faktor yang dimaksud adalah cuaca panas atau dingin, kelembapan yang rendah, dan berendam dalam air panas.

Tanda dan gejala kulit kering
Kulit kering umumnya bersifat sementara yang dialami ketika musim dingin atau berada ditempat yang dingin, namun terkadang kondisi ini dapat terjadi dalam waktu yang lama. Tanda dan gejala kulit kring bergantung pada usia, kesehatan, tempat tinggal, waktu yang dihabiskan ketika diluar rumah dan penyebab masalah. Kulit kering cenderung dapat menyebabkan satu atau beberapa hal seperti :

Apakah penyebab kulit kering?
Kulit kering atau xerosis umumnya disebabkan oelh lingkungan, namun terdapat penyakit tertentu yang juga dapat mempengaruhi kuliy secara signifikan. Potensi penyebab kulit kering adalah :

Penanganan kulit kering
Pada umumnya kulit kering dapat diatasi dengan gaya hidup yang baik, seperti menggunakan pelembab dan menghindari mandi air hangat dalam waktu yang lama. Jika kondisi kulit sangat kering dan bersisik, direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan obat yang membantu meningkatkan kelembapan kulit.

Penggunaan pelembab untuk kulit kering dapat membantu meningkatkan kelembapan. Berikut beberapa jenis pelembab yang dapat digunakan :

Terdapat beberapa pola hidup yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kering, seperti :

Berkonsultasilah dengan dokter jika upaya-upaya yang dihasilkan tidak membuahkan hasil atau memperparah kondisi kulit.

Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2016, 27 Oktober). Dry Skin. Diperoleh 27 April 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/diagnosis-treatment/treatment/txc-20248908
  2. WebMD. (2016, 11 Juni). Fighting Back Against Dry Skin. Diperoleh 27 April 2017 dari : http://www.webmd.com/beauty/dry-skin-13/cosmetic-procedures-skin-care-dry-skin