BAHAYAKAH JIKA BAYI SERING MUNTAH?

Gumoh atau meludah atau spitting out merupakan kondisi umum yang terjadi pada bayi sehat. Hal ini terjadi karena otot pada perut bayi belum berkembang sempurna untuk menahan makanan tetap pada perut.


Dalam bahasa jawa dikenal istilah “gumoh”  yaitu suatu kondisi dimana bayi seperti memuntahkan susu yang diminum. Kondisi ini biasanya dikeluarkan seperti meludah. Dalam bahasa inggris kondisi ini disebut spitting up.

Apakah penyebab spitting up?
Spitting up atau meludah merupakan kondisi umum pada bayi sehat. Bayi umumnya mengalami hal ini selama tiga bulan pertama dan akan berhenti maksimal ketika berusia 12 bulan. Pada kondisi umum, otot yang berada dia antara esophagus dan perut akan mempertahankan makanan agar tetap berada dalam perut. Namun pada tiga bulan pertama, otot bayi belum sempurna untuk menahan susu tetap didalam perut sehingga susu yang masuk akan kembali keluar terutama jika bayi mengalami kekenyangan.

Apakah perbedaan meludah dan muntah pada bayi?
Meludah pada bayi adalah seperti aliran susu keluar dari perut menuju mulut. Sedangkan muntah merupakan kondisi terjadi aliran kuat yang menembak keluar dari perut menuju ke mulut.

Apakah meludah terlalu sering dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi?
Kondisi normal meluah tidak mengganggu kesehatan bayi. Selama bayi terlihat sehat, makan dengan baik, dan mengalami penambahan berat badan maka tidak perlu terjadi kekhawatiran. Jika bayi mengalami penambahan berat badan merupakan tanda bahwa tubuh bayi tidak terganggu karena kalori atau makanan yang hilang dari keseringan meludah.

Bagaimana cara untuk mengurangi frekuensi meludah pada bayi?
Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi frekuensi terjadinya meludah pada bayi:

Apakah spitting up merupakan tanda dan gejala dari suatu masalah?
Kemungkinan spitting up merupakan tanda dan gejala dari suatu kondisi kesehatan tertentu. Berkonsultasilah dengan dokter jika terjadi beberapa kondisi seperti :

Bayi berusia tiga bulan sedang berusaha beradaptasi dengan lingkungannya. Orang tua berperan menjamin asupan nutrisi di masa pertumbuhan bayi dan proses beradaptasi dengan lingkungan.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2015, 07 Desember). Spitting up in Babies : Whats Normal, Whats Not. Diperoleh 27 April 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/healthy-baby/art-20044329?pg=1
  2. WebMD. Spitting Up. Diperoleh 27 April 2017 dari : http://www.webmd.com/parenting/baby/tc/spitting-up-topic-overview