APAKAH PENYEBAB SEMBELIT PADA ANAK DAN BAYI?

Mengencerkan susu formula pada bayi bukan merupakan upaya untuk mengatasi sembelit. Namun, memberikan air putih atau jus buah encer disela jadwal pemberian susu formula merupakan cara untuk mengatasi sembelit pada bayi.


Sembelit atau konstipasi merupakan masalah yang sangat umum terjadi pada anak-anak. Sembelit terjadi pada ketika kita susah mengeluarkan kotoran karena memiliki tekstur yang keras atau karena terjadi penyumbatan feses sehingga tidak keluar. Perlu dilakukan langkah-langkah untuk mencegah sembelit tidak menjadi kronis atau berkelanjutan.

Terkadang orang tua menjadi khawatir pada kebiasaan buang air besar anak. Hal utama yang wajib diketahui bahwa kebiasaan buang air besar setiap orang berbeda termasuk anak-anak. Bayi pada umumnya akan buang air besar beberapa kali sehari atau hanya sehari sekali. Frekuensi buang air besar bukanlah tolok ukur untuk sembelit, namun tekstur feses yang lembut dan mudah untuk dikeluarkan merupakan hal yang penting.

Bayi yang mengkonsumsi ASI cenderung tidak memiliki resiko sembelit. Hal ini dikarenakan ASI lebih mudah dicerna daripada susu formula. Perubahan frekuensi buang air besar juga dapat disebabkan karena bayi mulai mengkonsumsi makanan padat. Memberikan makanan yang tinggi serat dapat membantu untuk mencegah sembelit pada bayi.

Bagaimana tanda dan gejala sembelit pada bayi?
Berikut beberapa tanda dan gejala sembelit pada bayi :

Selain tanda dan gejala diatas, terdapat beberapa tanda dan gejala karena sembelit, seperti :

Sembelit yang parah akan menyebabkan kotoran terakumulasi pada bagian rektum sehingga menyebabkan gejala lebih lanjut. Hal ini menyebabkan terjadinya kotoran keluar secara sendirinya yang bertekstur lembek dan berlendir. Sering kali gejala ini disalah artikan sebagai kondisi diare.

Tipe konstipasi pada anak-anak dan bayi

Idiopathic Constipation
Jenis konstipasi ini tidak memiliki penyebab yang pasti dan terdapat berbagai faktor yang dapat memicu terjadinya konstipasi ini.

Konstipasi karena penyebab tertentu
Konstipasi karena penyakit tertentu atau kondisi kesehatan yang mendasari. Beberapa contoh kondisi dan masalah yang dapat menyebabkan sembelit adalah :

Penyebab konstipasi
Konstipasi yang tidak memiliki penyebab, umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang meliputi :

Penanganan konstipasi

Pencegahan konstipasi
Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan cairan dapat menyebabkan feses yang besar tetapi lembut dan mudah untuk dikeluarkan. Meningkatkan aktifitas fisik juga dapat membantu mencegah konstipasi.

Melakukan langkah tepat dalam perubahan pola makan merupakan cara yang ampuh pada sembelit daripada pemberian obat.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2017, 08 Februari). Infant and Toddler Health : What are the signs of infant constipation?And what’s the best way to treat it?. Diperoleh 19 April 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/expert-answers/infant-constipation/faq-20058519
  2. Patient. (2016, 28 Januari). Constipation in Children. Diperoleh 19 April 2017 dari : https://patient.info/health/constipation-in-children-leaflet