TANGAN BERKERINGAT APAKAH KARENA LEMAH JANTUNG?

Tangan yang mengalami keringat berlebihan memiliki beberapa penyebab, tetapi terkadang juga tidak diketahui penyebabnya.


A:' Duh tangan saya kok keringetan gini ya'
B:' Waahh.. kamu lemah jantung tuuh.. bahaya lho'

Memiliki keringat yang berlebihan pada telapak tangan, ketiak, dan telapak kaki merupakan kondisi yang menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan mengurangi rasa percaya diri. Kelebihan keringat umumnya tidak disebabkan karena aktifitas yang berlebihan atau suhu yang tinggi.

Apakah yang dimaksud dengan kelebihan keringat?
Memiliki keringat normal dapat membantu menjaga suhu tubuh agar tetap stabil pada cuaca yang panas, saat tubuh mengalami demam (suhu tinggi), atau saat berolahraga. Berkeringat berlebihan atau hyperhidrosis merupakan kondisi dimana tubuh berkeringat lebih banyak dari biasanya. Hal ini bahkan terjadi ketika cuaca tidak panas, tidak cemas, atau tidak berolahraga.

Keringat berlebihan dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis. Mengetahui jenis keringat berlebihan yang sedang dialami dapat membantu proses penanganan dan perawatan.

Tanda dan gejala keringat berlebihan
Umumnya seseorang akan berkeringat ketika sedang berolahraga atau beraktifitas , berada pada lingkungan yang panas, merasa gugup atau stress. Keringat berlebihan yang dialami oleh seseorang hiperhidrosis jauh melebih keringat normal. Tanda dan gejala yang terjadi tergantung pada jenis hiperhidrosis yang terjadi.

Penanganan keringat berlebihan
Tujuan dari terapi untuk hiperhidrosis adalah dapat mengontrol keluarnya keringat. Jika hiperhidrosis disebabkan oleh kondisi kesehatan maka perlu terlebih dahulu untuk mengatasi kondisi medis. Setelah itu dapat dilakukan penanganan untuk hiperhidrosis sesuai dengan tingkat keparahannya.

Terapi pengobatan yang dilakukan meliputi :

Selain terapi pengobatan, dapat juga dilakukan tindakan medis seperti pengangkatan kelenjar keringat dan operasi saraf untuk mengendalikan keringat berlebihan.

Mendapatkan khawatir karena kondisi tubuh yang berbeda dengan orang lain adalah wajar. Namun juga harus diimbangi dengan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengatasi rasa khawatir.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2015, 08 Agustus). Hyperhidrosis. Diperoleh 20 April 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hyperhidrosis/basics/treatment/con-20030728
  2. Patient. (2014, 16 Juni). Excessive Sweating (Hyperhidrosis). Diperoleh 20 April 2017 dari : https://patient.info/health/excessive-sweating-hyperhidrosis