APAKAH KANKER SERVIKS DAPAT DICEGAH?

Salah satu upaya pencegahan kanker serviks adalah dengan mendapatkan vaksin HPY (Human Papilloma Virus). Vaksin HPV dapat diberikan sejak usia 9-26 tahun. Pemeriksaan pap smear dan HPV juga diperlukan untuk memastikan keberadaan kanker atau pra kanker.


Bentuk kanker serviks umumnya dimulai dengan kondisi pra-kanker. Cara utama untuk mencegah kanker serviks adalah dengan menemukan dan mengobati pra-kanker sebelum menjadi kanker dapat dan mencegah terbentuknya pra-kanker.

Bagaimana cara mencegah pra-kanker?
Cara yang terbukti bagus untuk mencegah kanker serviks adalah dengan melakukan pengujian atau skrining untuk menemukan pra-kanker sebelum berubah menjadi kanker. Terdapat dua cara pemeriksaan untuk mencegah kanker serviks :

Jika hasil pap smear dan tes HPV menunjukkan hasil normal, maka untuk pemeriksaan selanjutnya setelah lima tahun. Tetapi tetap harus berkonsultasi dengan dokter secara teratur untuk melakukan pemeriksaan. Bagi wanita usia 21-65 tahun penting untuk melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin.

Pencegahan kanker serviks dengan vaksin HPV
Beberapa cara untuk mencegah pra-kanker adalah mencegah pemaparan HPV dengan vaksin HPV. Vaksin HPV dapat digunakan untuk melindungi virus HPV yang paling sering menyebabkan kanker serviks, vagina, vulva. Vaksin HPV dianjurkan untuk anak-anak praremaja yang berusia 11-12 tahun, namun dapat diberikan sejak usia 9 tahun hingga 26 tahun. Vaksin diberikan dalam dua atau tiga periode suntik yang tergantung pada usia. Seseorang yang sudah mendapatkan vaksin HPV tetap harus melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin.

Apakah langkah lain pencegahan kanker serviks?
Beberapa hal dapat menurunkan resiko terjadinya kanker serviks adalah seperti berhenti merokok, penggunaan kondom saat melakukan hubungan seksual, dan menghindari hubungan seksual dengan beberapa orang.

Infeksi HPV dapat terjadi pada genital pria dan wanita yang tertutup kondom atau yang tidak tertutup kondom. Belum diketahui pengaruh penggunaan kondom untuk mencegah infeksi HPV. Penggunaan kondom telah dikaitkan dengan penurunan tingkat kanker serviks yang terjadi.

Faktor resiko mengalami kanker serviks
Terdapat beberapa kondisi yang dapat menyebabkan peningkatan resiko mengalami kanker serviks :

Melakukan pap smear dan pemeriksaan Human Papilloma Virus secara rutin dapat membantu mencegah pembentukan kanker serviks dan pra-kanker.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. American Cancer Society. (2016, 05 December). Can Cervical Cancer Be Prevented?. Diperoleh 21 April 2017 dari : https://www.cancer.org/cancer/cervical-cancer/causes-risks-prevention/prevention.html
  2. Centers for Disease Control an Prevention. (2017, 09 Februari). What Can I Do Reduce My Risk of Cervical Cancer?. Diperoleh  21 April 2017 dari : https://www.cdc.gov/cancer/cervical/basic_info/prevention.htm