MAKANAN YANG MENYEHATKAN JANTUNG

Mengkonsumsi oat dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan menjaga kesehatan jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.


Penyakit jantung saat ini bukan hanya menyerang orang lanjut usia, tetapi juga para dewasa muda yang masih produktif. Penyakit jantung tidak memiliki tanda dan gejala sehingga disebut dengn silent killer. Salah satu penyebab meningkatnya seseorang mengalami resiko penyakit jantung adalah pola hidup yang tidak sehat.
Mengatur pola makan dan gaya  hidup menjadi lebih sehat merupakan senjata terbaik untuk melawan penyakit jantung. Mengatur pola makan bukanlah sesuatu yang sulit, tetapi membutuhkan komitmen untuk dapat melakukan dalam jangka waktu yang lama.

Pola makan untuk menjaga kesehatan jantungMakan merupakan upaya tubuh untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk kelangsungn metabolisme tubuh. Pemilihan makanan yang tidak tepat akan memberikan dampak tubuh kekurangn nutrisi yang dibutuhkan. Mengkonsumsi makanan bergizi, rendah kalori, dan rendah lemak dapat berfungsi untuk mengontrol berat badan, kolesterol, dan tekanan darah.

Pola mengkonsumsi makanan sehat yang dapat menjaga kesehatan jantung adalah :

Jumlah kalori yang tepat untuk mengkonsumsi makanan setiap hari didasarkan pada usia dan tingkat aktifitas fisik. Batasi makanan dan minuman yang mengandung tinggi kalori dan rendah nutrisi.

Makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung
Terdapat beberapa makanan yang dapat membantu jantung untuk tetap sehat.

Diet bukan tentang membatasi porsi makan tapi memilih makanan yang tepat.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. American Heart Association. (2015, Agustus). The American Heart Association’s Diet and Lifestyle Recommendation. Diperoleh 11 April 2017 dari : http://www.heart.org/HEARTORG/HealthyLiving/HealthyEating/Nutrition/The-American-Heart-Associations-Diet-and-Lifestyle-Recommendations_UCM_305855_Article.jsp#.WOyKsNKGPIU
  2. WebMD. (2017, 15 Februari). 20 Foods That Can Save Your Heart. Diperoleh 11 April 2017 dari: http://www.webmd.com/heart-disease/ss/slideshow-foods-to-save-your-heart?ecd=wnl_chl_040717&ctr=wnl-chl-040717_nsl-ld-stry_1&mb=4DDisyjtXTSPYEW4cDa65RXFE73IOX1cm5oHOW%2fmre8%3d