BAGAIMANA CARA MENJAGA KESEHATAN TULANG?

Kekuatan tulang sangat berkaitan dengan kepadatan dan massa tulang yang dipengaruhi oleh jumlah kalsium dan vitamin D yang dikonsumsi, aktifitas fisik atau olahraga yang dilakukan, dan kebiasaan merokok.


Menjaga kesehatan tulang ternyata mudah untuk dilakukan dengan mengetahui pola makan yang dapat dilakukan, melakukan olahraga yang tepat, dan gaya hidup yang dapat memberikan efek pada kesehatan tulang. Tulang memiliki banyak fungsi bagi tubuh, membentuk struktur tubuh, penahan otot, dan menyimpan kalsium. Menjaga kesehatan tulang bermula pada masa anak-anak hingga dewasa.

Tulang akan terus mengalami perkembangan, tulang yang baru akan dibuat dan tulang yang lama akan dipecah. Ketika masih berusia muda, tubuh akan membuat tulang baru lebih cepat daripada terjadinya kerusakan tulang lama dan akan terjadi peningkatan masa tulang. Umumnya seseorang mencapai puncak massa tulang pada usia 30 tahun. Setelah usia tersebut, tulang akan tetap berkembang tetapi tubuh akan kehilangan massa tulang lebih banyak daripada yang didapatkan.

Penurunan massa tulang dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis, dimana tulang akan menjadi lemah dan rapuh. Osteoporosis dapat terjadi tergantung pada jumlah massa tulang ketika mencapai usia 30 tahun dan seberapa cepat massa tulang hilang.

Apa yang dimaksud dengan tulang kuat?
Sering kali kita minum susu atau mengkonsumsi suplemen untuk tulang agar kuat. Namun apa yang dimaksud dengan tulang kuat?
Berikut adalah beberapa hal yang berkaitan dengan kekuatan tulang :

Faktor apakah yang mempengaruhi kesehatan tulang?
Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan tulang, seperti :

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang?
Beberapa langkah dapat dilakukan untuk memperlambat kehilangan massa tulang, seperti :

Tanggal 11 April kemarin diperingati sebagai Hari Kanker Tulang, mari menjaga kesehatan tulang dengan gaya hidup yang sehat. Mencegah terjadinya kanker lebih mudah daripada menyembuhkannya.

 

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2016, 15 Januari). Bone Health : Tips to Keep Your Bones Healthy. Diperoleh 04 April 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/bone-health/art-20045060?pg=1
  2. Mayo Clinic. (2017, 09 Maret). Healthy Bones for a Lifetime. Diperoleh 04 April 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/healthy-bones-for-lifetime/art-20304594?pg=2