BAGAIMANA TANDA PENUAAN PADA KULIT?

Merokok merupakan salah satu penyebab kulit mengalami penuaan dini karena darah pada kulit mengalami perubahan asupan nutrisi. Tanda penuaan pada kulit yang paling menonjol adalah terjadinya keriput pada kulit wajah, leher, tangan, dan lengan.


Kulit merupakan pelapis tubuh yang melindungi dari matahari dan cuaca yang berubah-ubah. Keriput merupakan bagian alami dari tanda-tanda penuaan yang paling menonjol pada kulit, seperti pada wajah, leher, tangan, dan lengan. Keriput merupakan garis dan lipatan yang terbentuk pada kulit. Beberapa keriput dapat menjadi celah-celah yang dalam atau alur-alur.

Perubahan kondisi kulit dikarenakan berbagai faktor, seperti gaya hidup, pola makan, faktor keturunan, dan kebiasaan pribadi. Merokok merupakan contoh dari kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan munculnya keriput dini.

Bagaimana perubahan kulit karena penuaan?
Seiring dengan bertambahnya usia maka akan terjadi perubahan alami pada kulit, seperti :

Apakah penyebab timbulnya keriput?
Keriput dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang dapata dikontrol dan yang tidak dapat dikontrol yang meliputi :

Penanganan kerutan pada kulit
Terdapat beberapa pilihan untuk penanganan kerutan pada kulit yang dapat membantu kerutan menjadi halus atau tersamarkan.

Terapi pengobatan

Tindakan medis
Terdapat beberapa teknik untuk memperbaiki permukaan kulit, suntikan, dan prosedur bedah untuk menyamarkan keriput. Masing-masing tindakan memiliki potensi hasil masing-masing. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombinasi perawatan dapat memberikan hasil yang lebih memuaskan.

Hasil dari terapi bervariasi tergantung pada lokasi dan kedalam kerutan. Proses penuaan yang terjadi pada tubuh tidak dapat dihentikan sehingga perlu pengulangan terapi untuk menjaga hasil dari terapi.

“You can’t help getting older but you dont have to get old”- George Burns

 

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2016, 10 November). Wrinkles. Diperoleh 04 April 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrinkles/diagnosis-treatment/treatment/txc-20265780
  2. WebMD. (2017, 11 January). The Effect of Aging On Skin. Diperoleh 04 Maret 2017 dari : http://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-aging-skin#2