BAGAIMANA CARA MENANGANI MULUT KERING?

Merokok atau mengunyah tembakau dapat menyebabkan mulut kering. Berusaha menghentikan rokok dapat mengatasi terjadinya mulut kering.


Mulut membutuhkan air ludah atau saliva untuk melembabkan mulut dan mencegah mulut untuk terhindar dari infeksi bakteri dan jamur. Ketika air ludah tidak diproduksi sesuai kebutuhan  maka mulut akan menjadi kering dan tidak nyaman.

Mulut kering memiliki beberapa penyebab dan dapat diatasi dengan langkah-langkah sederhana seperti mengkonsumsi air lebih sering, menghisap es batu, dan mengunyah permen karet. Penggunaan obat-obatan tertentu dapat membantu merangsang keluarnya kelenjar ludah.

Kelenjar Ludah
Kelenjar ludah merupakan penghasil air ludah (saliva). Saliva memiliki peran penting dalam penguraian makanan dengan membasahi makanan sehingga dapat melewati kerongkongan. Saliva memiliki enzim yang dapat memecah kandungan zat pati dan lemak dalam makanan.

Terdapat tiga pasang kelenjar ludah yang menghasilkan saliva. Dari kelenjar ludah dapat mengalir ke dalam mulut. Saliva dapat menjaga mulut agar tetap basah.

Penyebab mulut kering
Mulut kering bukan merupakan penyakit. Mulut kering memiliki beberapa penyebab yang meliputi :

Tanda dan gejala mulut kering
Mulut kering yang disebabkan karena produksi air ludah yang kurang sering kali tidak disadari, berikut beberapa tanda dan gejala yang terjadi :

Penanganan mulut kering
Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi terjadinya mulut kering :

Berkonsultasilah dengan dokter jika upaya diatas tidak memberikan hasil yang signifikan. Dokter dapat mengetahui penyebab dan memberikan terapi pengobatan yang tepat.

Jagalah kesehatan mulut dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari dan berkonsultasi dengan dokter minimal enam bulan sekali.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2016, 21 Mei). Chapped Lips : What’s The Best Remedy?. Diperoleh 27 Maret 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/expert-answers/chapped-lips/faq-20057819
  2. Mayo Clinic. (2015, 25 Agustus). Dry Mouth. Diperoleh 27 Maret 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-mouth/basics/lifestyle-home-remedies/con-20035499
  3. Patient. (2018, 23 Desember). Dry Mouth. Diperoleh 27 Maret 2017 dari : https://patient.info/health/dry-mouth
  4. WebMD. (2017, 24 Januari). Dental Health and Dry Mouth. Diperoleh 27 Maret 2017 dari : http://www.webmd.com/oral-health/guide/dental-health-dry-mouth#1