MENGAPA BERAT BADAN SUSAH TURUN?

Mengalami susah tidur ketika malam hari dapat menjadi salah satu hal yang menggagalkan usaha diet. Susah tidur pada malam hari menyebabkan perubahan kadar hormon yang mengatur rasa lapar yang mengakibatkan peningkatan nafsu makan.


Pernahkah Anda merasa berat badan susah sekali untuk turun padahal sudah mengurangi porsi makan dan sudah tidak nyemil? Apakah cara diet yang salah atau perlu mengurangi porsi makan lebih lagi?
Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang susah menurunkan berat badan walaupun sudah mengurangi porsi makan.

Beberapa faktor yang menggagalkan tujuan diet yang sering tidak kita sadari.

  1. Susah tidur malam.
    Salah satu faktor penyebab kegagalan tujuan diet adalah kebiasaan susah tidur ketika malam hari atau yang biasa disebut insomnia. Mengalami susah tidur pada malam hari maka akan meningkatkan kemungkinan untuk mengkonsumsi makanan atau nyemil. Perubahan kadar hormon juga dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan.
    TIPS: Cobalah untuk memiliki jadwal tidur dan menenangkan pikiran sebelum tidur
     
  2. Kurang mengkonsumsi air putih
    Air tidak memiliki kandungan kalori sehingga dapat dikonsumsi sepuasnya. Mengkonsumsi air putih dapat menurunkan kemungkinan untuk mengkonsumsi soda, jus, atau kopi yang memiliki kandung gula tinggi. Kandungan kalori pada minuman yang manis meningkatkan resiko terjadi peningkatan berat badan.
    TIPS: Minumlah air putih minimal 2L per hari. Minumlah secara bertahap.
     
  3. Memiliki jeda jadwal makan yang panjang
    Ketika terdapat jeda yang panjang diantara jadwal makan maka tubuh akan memperlambat metabolisme dan tidak semua kalori pada jadwal makan berikutnya akan dibakar oleh tubuh. kelebihan kalori tersebut akan meningkatkan berat badan. Umumnya seseorang yang merasa sangat lapar memungkinkan untuk makan lebih banyak.
    TIPS: Usahakan makan dengan porsi kecil namun sering.
     
  4. Stress
    Ketika tuntutan hidup semakin tinggi maka tingkat stress biasanya juga akan meningkat. Kortisol atau hormon stress dikeluarkan oleh tubuh dan dapat meningkatkan nafsu makan. Ketika nafsu makan meningkat makan asupan kalori pada tubuh pun meningkat sehingga berat badan pun meningkat.
    TIPS: Kelola stress dengan mencarilah cara untuk dapat mengendalikan tingkat stress  yang sedang dialami seperti melakukan yoga atau pilates.
     
  5. Terlalu banyak makan diluar rumah
    Memiliki frekuensi yang cukup sering untuk membeli makanan direstoran atau warung akan sulit untuk Anda mengontrol berat badan. Walaupun makanan yang dikonsumsi merupakan makanan ringan tetapi bisa mengandung kalori lebih tinggi.
    TIPS: Cobalah untuk memasak makan malam dengan menu sederhana namun sehat.
     
  6. Duduk sepanjang hari
    Memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk duduk sepanjang hari dapat menyebabkan tubuh kehilangan kemampuan kapan membutuhkan porsi makan yang lebih besar sehingga dapat menyebabkan peningkatan berat badan.
    TIPS: Melakukan olahraga singkat ketika istirahat dapat membantu menurunkan berat badan.
     
  7. Mengkonsumsi makanan berat setelah berolahraga malam
    Berolahraga merupakan kunci untuk membantu menurunkan berat badan karena dapat membakar kalori dan meningkatkan massa otot. Namun, jika seseorang mengkonsumsi makan malam yang besar dan mengkonsumsi jus dengan susu dan gula maka akan merusak hasil dari olahraga.
    TIPS: Konsumsilah buah dan sayuran serta air putih setelah berolahraga pada malam hari.
     
  8. Mengkonsumsi alkohol berlebihan
    Alkohol memiliki kandungan kalori yang tinggi, sehingga mengkonsumsi alkohol dapat menambahkan asupan kalori harian.
    TIPS: Batasi konsumsi alkohol harian dan minuman ringan.
     
  9. Memiliki jadwal makan yang tidak terjadwal
    Ketika berada di jalan, seseorang akan lebih tergoda untuk membeli makanan ringan melalui fasilitas drive thru untuk membeli minuman bersoda atau ice cream.
    TIPS: Memiliki perencanaan makanan dan makanan ringan yang dikonsumsi dapat menghindari untuk membeli makanan selama perjalanan. 
     
  10. Mengkonsumsi obat
    Beberapa obat untuk membantu masalah kesehatan memiliki kemungkinan untuk meningkatkan nafsu makan. Obat golongan steroid dan antihistamin dapat mengubah metabolisme tubuh dengan menurunkan zat kimia tubuh yang berguna untuk mengontrol nafsu makan.
    TIPS: Konsultasikan kepada dokter anda mengenai keinginan anda untuk menurunkan berat badan sehingga dokter akan memberikan obat pengganti jika memungkinkan. 
     
  11. Menopause.
    Perubahan hormon ketika menopause bisa menjadi penyebab meningkatnya berat badan. Namun juga ada faktor lain seperti karena faktor penuaan makan metabolisme tubuh menjadi lebih lambat sehingga kalori yang terbakar pun sedikit. Perubahan gaya hidup diperlukan agar berat badan tetap ideal.

Nah! Ada 11 kondisi yang kemungkinan merupakan faktor yang dapat menggagalkan tujuan diet Anda. Adakah salah satu atau beberapa kebiasaan yang masih Anda lakukan? Yuk mari berubah kebiasaan agar berat badan dapat kembali ideal.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. WebMD. (2017, 03 februari). Reasons You’re Not Losing Weight. Diperoleh 30 maret 2017 dari : http://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-not-losing-weight?ecd=wnl_chl_032417&ctr=wnl-chl-032417_nsl-ld-stry_1&mb=4DDisyjtXTSPYEW4cDa65RXFE73IOX1cm5oHOW%2fmre8%3d