APAKAH MANFAAT MELAKUKAN AKTIFITAS FISIK?

Salah satu manfaat olahraga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit pada tubuh. Melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh.


Tanggal 07 April merupakan hari yang memperingati Hari Kesehatan Dunia. Salah satu kebiasaan sederhana yang dapat memberikan dampak bagi kesehatan tubuh adalah melakukan olahraga atau aktifitas fisik. Pada umumya semua orang mengetahui bahwa melakukan aktifitas fisik atau berolahraga merupakan kegiatan yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Olahraga wajib dilakukan oleh semua orang walaupun merasa sehat atau memiliki berat badan normal.

Berikut ini adalah fakta tentang olahraga:

  1. Olahraga dapat mengontrol berat badan
    Olahraga dapat membantu mencegah kelebihan berat badan atau membantu menjaga berat badan. Berolahraga dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah sehingga dapat meningkatkan pembakaran kalori pada tubuh. Semakin tinggi frekuensi olahraga maka semakin banyak kalori yang terbakar. Olahraga jugadapat meningkatkan massa otot sehingga dapat meningkatkan pembakaran kalori pada tubuh. setiap pon otot tambahan dapat membakar 35 s/d 50 kalori per hari.
    Berolahraga bukan hanya dengan pergi ke tempat fitnes atau gym, tetapi dengan lebih memilih menggunakan tangga dari pada lift. Konsistensi dan komitmen untuk melakukan aktifitas fisik merupakan kunci keberhasilan.
     
  2. Olahraga dapat mencegah terjadinya penyakit pada tubuh
    Cara untuk mencegah penyakit jantung atau peningkatan tekanan darah adalah dengan melakukan olahraga. Peningkatan aktifitas fisik atau olahraga dapat membantu meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik dan menurunkan kadar trigliserida. Aktifitas fisik juga dapat membantu perderan darah menjadi lebih terkontrol sehingga dapat menurunkan terjadinya resiko penyakit jantung
    Olahraga secara teratur dapat membantu mencegah atau mengontrol berbagai masalah kesehatan, seperti stroke, diabetes tipe 2, depresi, sejumlah kanker, dan arthritis.
     
  3. Olahraga dapat memperbaiki kondisi emosional
    Melakukan olahraga seperti jalan cepat selama 30 menit dapat membantu memperbaiki kondisi emosional. Aktifitas fisik dapat merangsang berbagai bahan kimia otak yaitu serotonin sehingga memberikan rasa bahagia dan lebih santai. Serotonin memiliki peran penting untuk menjaga kondisi emosi agar tetap tenang. Olahraga juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri.
     
  4. Olahraga dapat meningkatkan tenaga
    Aktifitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh. aktifitas fisik dapat memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan dan membantu kerja sistem kardiovaskular menjadi lebih efisien. Ktika kesehatan jantung dan paru-paru meningkat maka tubuh mendapatkan energi lebih banyak untuk melakukan tugas sehari-hari.
     
  5. Olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur
    Olahraga yang teratur dapat membantu untuk tidur lebih cepat dan berkualitas. Namun, sebaiknya tidak melakukan olahraga sebelum tidur karena dapat meningkatkan energi sehingga menyebabkan susah untuk tidur.
     
  6. Olahraga dapat meningkatkan kehidupan seks
    Olahraga secara teratur dapat meningkatkan energi dan penampilan fisik. Olahraga teratur juga dapat mencegah terjadinya disfungsi ereksi pada pria.
     
  7. Olahraga dapat menjadi wadah untuk bersosialisasi
    Berolahraga dengan teman dapat meningkatkan motivasi untuk berolahraga secara teratur. Berolahraga ditempat terbuka juga dapat meningkatkan rasa rileks tubuh.
     
  8. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan tulang
    Melakukan olahraga seperti berjalan, berlari, dan menari dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang.
     
  9. Olahraga dapat meningkatkan kesehatan kulit
    Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi dan distribusi nutrisi kekulit. Olahraga dapat membantu untuk menghilangkan toksin atau racun. Olahraga dapat meningkatkan oksigen ke kulit sehingga dapat meningkatkan produksi kolagen.

Seorang yang berkata tidak memiliki waktu untuk berolahraga, akan menemukan waktu untuk bertemu dengan sakit.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesiaFanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2016, 13 Oktober). Fitness. Diperoleh 29 Maret 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise/art-20048389?pg=2
  2. WebMD. (2015, 11 April). How Regular Exercise Benefits Teens. Diperoleh 29 Maret 2017 dari : http://teens.webmd.com/benefits-of-exercise?page=3