WASIR

Wasir/ ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah pada bagian dalam anus (rektum). Dalam bahasa medis wasir dikenal dengan istilah Hemorrhoid.


Wasir/ ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah pada bagian dalam anus (rektum). Dalam bahasa medis wasir dikenal dengan istilah Hemorrhoid.

Ada 2 macam wasir yaitu

  1. Wasir internal
    Wasir jenis ini tidak dapat dilihat dan diraba/ dirasakan dengan tangan. Gejala yang muncul berupa pendarahan. Wasir internal dapat mengalami pembesaran atau menonjol di luar dubur. Ketika hal itu terjadi maka Anda dapat melihat atau merasakan namun biasanya mereka dapat kembali ke rektum sendiri. Jika itu tidak terjadi maka dapat dilakukan dengan mendorong lembut kembali ke tempatnya.
     
  2. Wasir eksternal
    Wasir jenis ini terletak di dalam anus dan biasanya Anda merasakan nyeri saat dipegang. Jika wasir ini bergerak ke luar, Anda dapat melihat dan merasakannya. Kondisi tersebut dapat diperparah karena biasanya terdapat gumpalan darah sehingga menyebabkan kondisi yang sangat menyakitkan. Segeralah berkonsultasi dengan dokter ketika terjadi pendarahan.

Apakah penyebab wasir?

  1. Mengejan saat buang air besar
  2. Komplikasi dari sembelit kronis
  3. Jongkok di toilet dalam waktu yang lama
  4. Riwayat keluarga wasir
     

Bagaimana terapi wasir?

  1. Meminimalkan rasa nyeri
    Untuk meminimalkan rasa nyeri dapat dilakukan dengan berendam di bak dengan air hangat selama 10 menit setiap hari. Anda juga bisa duduk di botol air hangat untuk mengurangi sakit wasir eksternal. Jika rasa sakit terlalu berat maka dapat digunakan obat pereda nyeri secara oral maupun suppositoria.
     
  2. Memperbanyak konsumsi makanan berserat
    Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dapat meminimalkan resiko mengembangkan wasir. Sumber serat meliputi beras merah, wortel, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Serat makanan dapat melunakkan tinja di usus sehingga lebih mudah untuk keluar. Jika Anda sembelit maka gunakanlah salep atau suppositoria untuk membantu melunakkan tinja.

    Namun bila cara yang terapi yang dilakukan tetap tidak mengurangi rasa nyeri maka segeralah berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan terapi pengobatan secara medis atau dilakukan tindakan untuk wasir. Wasir yang dibiarkan dan tidak dilakukan terapi untuk mencegah kambuh atau mengobati dapat menyebabkan pembekuan darah, bengkak, pendarahan , anemia karena pendarahan.
     

Bagaimana cara mencegah wasir?

Mengubah pola makan dengan memperbanyak komposisi buah dan sayuran dan juga mengkonsumsi banyak cairan agar pencernaan lebih lancar.

 

Mitos dan Fakta

Dan didalam masyarakat kita masih beredar mitos tentang wasir. Berikut mitos beserta dengan faktanya tentang wasir:

  1. Mitos : Makanan pedas dapat menyebabkan wasir
    Faktanya mengkonsumsi makanan pedas menyebabkan sakit perut dan diare tapi tidak menjadi penyebab langsung wasir. Namun jika makanan pedas menyebabkan diare terus menerus dalam waktu lama, maka perlu diingat bahwa diare kronik dapat menjadi faktor pemicu timbulnya wasir.
     
  2. Mitos : Wasir adalah penyakit kambuhan
    Faktanya banyak orang percaya kalau sulit mengusir penyakit wasir. Hal ini tidak sepenuhnya benar sering kali wasir yang belum terlalu parah bisa disembuhkandengan penanganan yang tepat dan pola hidup sehat. Namun wasir yang telah cukup parah dapat bersifat kambuhan dan cukup menganggu kualitas hidup.
     
  3. Mitos : Hanya yang sudah lansia memiliki wasir
    Faktanya semakin bertambahnya usia maka resiko wasir semakin besar. Tetapi wasir adlah penyakit umum biasa dialami oleh segala usia. Lansia memiliki resiko lebih tinggi terhadap wasir karena melemahnya fungsi organ tubuh karena bertambahnya usia, selain itu juga karena kebiasaan buruk dalam pola makan dan buang air besar yang telah berlangsung lama.
     
  4. Mitos : Duduk dilantai yang dingin dapat menjadi pemicu wasir
    Faktanya tidak ada hubungan antara duduk ddi permukaan dingin dengan penyakit wasir. Namun duduk atau jongkok terlalu lama saat buang air besar dapat memicu timbulnya wasir karena ada tekanan pada daerah anus yang menagkibatkann pembengkakan pembuluh darah dan memicu timbulnya wasir.
     
  5. Mitos : Mengkonsumsi makanan berserat dapat mencegah wasir
    Faktanya penderita wasir dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan berserat supaya mudah untuk buang air besar. Selain untuk mencegah wasir adalah penting untuk mengubah kebiasaan duduk terlalu lama dan mengejan karena buang air besar. Minum air minimal 8 gelas per hari.

 

Sumber :

  1. http://www.webmd.com/digestive-disorders/tc/understanding-hemorrhoids-basics?page=2
  2. http://www.healthline.com/health/hemorrhoids
  3. https://www.klikdokter.com/healthnewstopics/health-topics/mitos-fakta-tentang-wasir/beberapa-fakta-dan-mitos-wasir-lainnya/1