NYEMIL TETAPI TETAP SEHAT?

Mengganti cokelat, pizza, biskuit, dan wafer dengan buah-buahan dan sayuran merupakan cara untuk menjaga agar kegiatan nyemil tetap sehat.


Nyemil itu bagaikan 'penyakit' yang sering dialami oleh banyak orang. Sering kali seseorang merasa kenyang namun masih ingin untuk makan banyak hal seperti es krim, coklat atau biskuit. Camilan yang mengandung tinggi karbohidrat dan lemak dapat memberikan dampak buruk seperti obesitas dan meningkatkan resiko terjadinya penyakit kronis.

Fakta tentang nyemil
Sebelum membahas tentang cara menghentikan keinginan untuk nyemil atau food craving maka perlu mengetahui fakta yang terjadi pada tubuh tentang munculnya keinginan tersebut. Berikut beberapa fakta tentang keinginan nyemil :

Nyemil dapat dilakukan untuk mengganjal perut ditengah jam jadwal makan untuk membantu mengelola rasa lapar dan mengurangi porsi makan. Memilih camilan yang menyehatkan dapat mencukupi rasa lapar dan menjaga jumlah kalori agar tetap rendah.

Tips efektif untuk mengontrol keinginan nyemil
Keinginan nyemil umumnya seseorang menginginkan camilan seperti coklat, pizza, kue kering, dan es krim. Dimana semuanya rata-rata memiliki kandungan tinggi gula, lemak, dan karbohidrat. Camilan yang seperti itu dapat meningkatkan berat badan. Lalu bagaimana cara mengelola camilan agar berat badan tetap dapat terkontrol? Berikut tips yang dapat dilakukan :

Komposisi makanan ringan yang sehat
Nyemil ditengah makan dapat dilakukan tetapi dengan makanan ringan. Makanan ringan dapat membantu mengisi perut, namun sebaiknya mengandung total kalori yang rendah. Buah-buahan dan sayuran dapat digunakan untuk menjadi makanan ringan ditengah jadwal makan. Berikut kandungan makanan ringan yang sehat meliputi :

Pada umumnya makanan yang mengandung tinggi lemak dan kalori, biasanya mengandung rendah kadar air dan serat. sebagian besar buah dan sayuran memiliki kandungan rendah lemak.

Simpan makanan yang sehat di dalam kulkas dan Anda akan mengkonsumsi makanan yang sehat. Membiasakan untuk tidak menimbun makanan ringan dapat mengurangi frekuensi nyemil yang tidak sehat. Ganti makanan ringan dengan buah dan sayuran.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2015, 28 Maret). Weight Loss. Diperoleh 21 Maret 2017 dari :  http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/healthy-diet/art-20046267?pg=1
  2. The Mayo Clinic Diet. Beat Your Cravings : 8 Effective Techniques. Diperoleh 21 Maret 2017 dari : http://diet.mayoclinic.org/diet/eat/beat-your-cravings?xid=nl_MayoClinicDiet_20150202
  3. WebMD. The Fact About Food Cravings. Diperoleh 21 Maret 2017 dari : http://www.webmd.com/diet/features/the-facts-about-food-cravings#1