APA SAJA YANG MEMPENGARUHI PROSES PENGOBATAN?

Mineral pada produk susu sapi seperti kalsium dan magnesium ternyata dapat menyebabkan tubuh susah untuk memproses obat golongan antibiotik.


Mengapa perlu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum mengkonsumsi obat?

Pada beberapa orang yang lanjut usia atau memiliki penyakit kronis umumnya mendapatkan obat lebih dari satu macam. Mengenali obat yang dikonsumsi dapat membantu meningkatkan keberhasilan terapi pengobatan dan mencegah terjadinya masalah karena obat. Banyak hal yang dapat mempengaruhi kecepatan obat terserap dalam tubuh. Usia merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi jumlah obat yang dibutuhkan.

Interaksi obat
Interaksi obat merupakan salah satu masalah yang dapat terjadi ketika menjalani terapi pengobatan. Dimana beberapa obat tidak dapat bekerja sama dengan baik ketika dikonsumsi secara bersamaan. Terdapat makanan dan minuman yang juga dapat mempengaruhi efektivitas sebuah obat. Interaksi obat dibagi menjadi beberapa kelompok meliputi :

Interaksi obat dengan makanan
Seringkali seseorang tidak menyadari bahwa makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi pengobatan yang sedang dilakukan. Berikut beberapa makanan yang dapat mempengaruhi efetivitas obat :

Selalu mengetahui obat yang Anda konsumsi dapat meningkatkan tujuan terapi pengobatan.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. Food and Drug Administration. (2015, 23 Juni). As You Age : You and Your Medicine. Diperoleh 20 Maret 2017 dari : https://www.fda.gov/Drugs/ResourcesForYou/Consumers/ucm143566.htm
  2. WebMD. (2017, 25 Februari). Things That Can Affect Your Medication. Diperoleh 20 Maret 2017 dari :  http://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-affect-medication?ecd=wnl_spr_031617&ctr=wnl-spr-031617_nsl-ld-stry_1&mb=4DDisyjtXTSPYEW4cDa65RXFE73IOX1cm5oHOW%2fmre8%3d