BISAKAH TETAP IDEAL DENGAN MAKANAN CEPAT SAJI??

Tetap memilih porsi kecil pada makanan dan minuman yang dipesan dan mengganti kentang goreng dengan menggunakan salad atau soup dapat membantu mencegah peningkatan berat badan karena mengkonsumsi makanan cepat saji.


A : “Ga mau ah makan fast food. Nanti gendut aku”
B : “Udah makan aja, kan Cuma sesekali. Hidup Cuma sekali lho makan yang enak-enak donk”

Mayoritas wanita pernah mengalami masalah “takut gendut” sehingga membatasi atau tidak mengkonsumsi makanan cepat saji. Lalu benarkah makanan cepat saji tidak dapat menjadi bagian dari diet? Benarkah boleh sesekali mengkonsumsi makanan cepat saji?

Tentu bisa dan Anda tidak perlu khawatir berat badan dapat naik hanya dengan sesekali mengkonsumsi makanan cepat saji. Kuncinya adalah dengan memesan makanan dengan bijak dan maksimal hanya sekali dalam seminggu. Pemilihan makanan harus bijak karena hampir seluruh makanan cepat saji memiliki kandungan tinggi kalori, lemak, gula, dan garam. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar tetap sehat dan berat badan terkontrol walaupun mengkonsumsi makanan cepat saji :

Berikut jumlah kalori pada beberapa makanan cepat saji :

Nama Makanan

Porsi Makanan

Jumlah Kalori

Hamburger

1 porsi

250

Cheeseburger

1 porsi

300

Kentang goreng

Porsi medium

380

Ayam goreng

1 porsi

490

Soup ayam

Porsi medium

160

Hamburger

Porsi besar

540

Mengkonsumsi makanan cepat saji dapat memberikan asupan kalori pada tubuh sebanyak 1500 kalori dari hanya satu kali makan saja. Sedangkan setiap hari tubuh hanya membutuhkan kalori sebanyak 1500-1800 kalori dan sekitar 50-60 gram. Sehingga memilih makanan cepat saji setiap hari dapat menyebabkan peningkatan kalori yang dapt menyebabkan kenaikan berat badan dan dapat menyebabkan terganggunya kondisi kesehatan seperti penyakit jantung.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2016, 27 Februari). Fast Food : Tips for Choosing Healthier Options. Diperoleh 03 Maret 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fast-food/art-20047179?pg=1
  2. Medline Plus. (2016, 25 April). Calorie Count-Fast Food. Diperoleh 03 Maret 2017 dari : https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000887.htm
  3. Obesity Action Coalition. Fast Food-Is it the Enemy. Diperoleh 06 maret 2017 dari : http://www.obesityaction.org/educational-resources/resource-articles-2/nutrition/fast-food-is-it-the-enemy