BAGAIMANA CARA MEMILIH SUPLEMEN HERBAL YANG AMAN?

Tumbuhan memiliki banyak manfaat terutama dalam membantu menjaga kesehatan manusia. Namun terdapat beberapa kondisi yang memerlukan konsultasi dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi suplemen herbal, seperti sedang mengkonsumi obat yang diresepkan oleh dokter, sedang hamil atau menyusui, akan mengalami atau setelah operasi, dan berusia dibawah 18 tahun atau diatas 65 tahun.


Suplemen herbal apa yang anda ketahui??

Ginkgo biloba yang berfungsi untuk menjaga daya ingat, bawang putih yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, atau Echinacea yang berfungsi untuk mencegah pilek. Pada umumnya suplemen herbal berasal dari tumbuhan. Tumbuhan telah banyak digunakan untuk tujuan pengobatan. Namun, suplemen herbal belum melewati pengawasan ilmiah yang diatur secara ketat sebagai obat.

Di Indonesia suplemen atau obat herbal dibagi menjadi 4 jenis :

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengkonsumsi suplemen herbal :

Beberapa orang yang memiliki kondisi khusus harus melakukan konsultasi dengan Dokter, meliputi :

 

Pastikan suplemen, vitamin, dan obat herbal yang Anda konsumsi memiliki ijin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2014, 14 November). Herbal Supplements: What to Know Before You Buy. Diperoleh 15 Maret 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/herbal-supplements/art-20046714?pg=1 
  2. Unit Layanan Pengaduan Konsumen Badan POM RI. Definisi Obat Tradisional, Jamu, Obat Herbal Terstandar, Fitofarmaka dan Sediaan Galenik. Diperoleh 15 Maret 2017 dari : http://ulpk.pom.go.id/ulpk/home.php?page=faq&faq=obattradisional&id=440