BAHAYAKAH KAKI BENGKAK PADA IBU HAMIL?

Selama kehamilan, tubuh pada Ibu hamil akan memproduksi dan menyimpan cairan lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini menyebabkan terjadinya bengkak pada tangan dan kaki, terutama pada bulan terakhir kehamilan. Kelebihan cairan pada tubuh berfungsi untuk melembutkan tubuh agar bayi mudah untuk berkembang didalam tubuh ibu. Kelebihan cairan juga digunakan untuk membantu mempersiapkan sendi panggul dan jaringannya agar dapat membuka pada proses persalinan.


Wanita yang sedang hamil sering mengalami bengkak pada bagian kaki dan tangannya. Mengapa hal ini dianggap sebagai kondisi yang wajar?

Selama kehamilan, tubuh akan memproduksi dan menyimpan cairan lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini menyebabkan terjadinya bengkak pada tangan dan kaki, terutama pada bulan terakhir kehamilan. Kelebihan cairan pada tubuh berfungsi untuk melembutkan tubuh agar bayi mudah untuk berkembang didalam tubuh ibu. Kelebihan cairan juga digunakan untuk membantu mempersiapkan sendi panggul dan jaringannya agar dapat membuka pada proses persalinan.

Terdapat beberapa faktor yang juga mempengaruhi terjadinya pembengkakan, seperti :

Penanganan bengkak selama kehamilan
Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat membantu mengurangi bengkak pada kaki :

Bengkak akan sembuh tanpa pengobatan setelah melahirkan. Bengkak akan benar-benar mereda sekitar seminggu atau lebih setelah melahirkan. Bengkak yang terjadi selama kehamilan merupakan kondisi yang wajar namun ketika pembengkakan terjadi tiba-tiba dan parah, maka perlu segera mendapatkan penanganan oleh dokter.

Kehamilan adalah kondisi khusus yang memberikan perubahan pada tubuh. Tetap berhati-hati namun tidak takut berlebihan. Kunci kehamilan yang sehat adalah pola hidup yang sehat.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. American Pregnancy. (2015, Juli). Swelling During Pregnancy. Diperoleh 08 Maret 2017 dari : http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/swelling-during-pregnancy/
  2. Mayo Clinic. (2009, 04 Desember). Pregnancy week by week. Diperoleh 08 Maret 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-blog/swelling-in-pregnancy/bgp-20055777
  3.