GUNAKAN LENSA KONTAK DENGAN BIJAK DAN AMAN

Menggunakan lensa kontak ketika tidur pada malam hari ternyata dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi pada mata.


Penggunaan lensa kontak sudah menjadi sebuah trend bagi kalangan remaja dan dewasa terutama wanita. Saat ini lensa kontak bukan sekedar untuk membantu mempertajam penglihatan pada orang yang mengalami gangguan mata tetapi sudah menjadi salah satu aksesoris untuk melengkapi penampilan atau make up. Lensa kontak dinilai lebih sederhana dan fleksibel untuk digunakan daripada kaca mata.

Jenis lensa kontak
Terdapat dua jenis lensa kontak yaitu lensa kotak lunak dan lensa kontak kaku.

  1. Lensa kontak lunak
    Lensa kontak lunak merupakan jenis yang paling populer dan paling banyak digunakan. Lensa kontak lunak dapat digunakan untuk membantu masalah penglihatan, seperti :
        - Rabun jauh (miopia)
        - Rabun dekat (hyperopia)
        - Astigmatisme
        - Gangguan pada kornea

    Lensa kontak lunak lebih nyaman untuk digunakan dan lebih mudah untuk beradaptasi daripada lensa kotak yang kaku. Berikut beberapa jenis lensa kontak yang lunak :
        - Lensa kontak sehari-hari. Lensa kontak ini dapat digunakan setiap hari mulai dari siang hingga malam. Malam hari setelah melepas lensa kontak maka dapat dibersihkan dan didesinfeksi. Durasi penggunaan lensa kontak bervariasi tergantung pada pabrik yang memproduksi.
        - Lensa kontak yang dapat digunakan ketika tidur. Lensa kontak ini perlu dilepas untuk dibersihkan dan didesinfektan minimal satu kali seminggu. Pengguna harus berhati-hati pada penggunaan ketika tidur karena dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi mata.
        - Lensa kontak sekali pakai. Lensa ini umumnya memiliki harga yang mahal. Lensa kontak ini tidak perlu dibersihkan atau didesinfeksi. Penggunaan lensa kontak ini sesuai dengan jangka waktu yang dianjurkan, seperti harian, mingguan, atau bulanan dan setelah itu dapat langsung dibuang. Lensa kontak ini dapat direkomendasikan kepada orang yang hanya kadang-kadang menggunakan lensa kontak.
     
  2. Lensa Kontak Kaku
    Lensa kontak kaku memiliki kelebihan karena dapat menurunkan tingkat resiko terjadinya infeksi. Pada umumnya lensa kontak kaku perlu dilepas pada malam hari untuk dibersihkan dan didesinfektan, namun pada beberapa jenis lensa kontak kaku dapat dipakai selama seminggu atau bahksan 30 hari. Jika lensa kontak kaku yang digunakan dapat memberikan rasa nyaman dan dnegan perawatan yang tepat maka lensa kontak dapat digunakan hingga dua sampai tiga tahun.

Kelebihan penggunaan lensa kontak
Lensa kontak memiliki beberapa kelebihan, seperti :

Perawatan lensa kontak
Menggunakan lensa kontak dapat menyebabkan masalah seperti ketidaknyamanan hingga infeksi pada mata. Berikut beberapa cara perawatan untuk mencegah terjadinya masalah tersebut :

Mata adalah jendela jiwa. Pastikan anda menjaganya agar tetap sehat!

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. Centers for Disease Control and Prevention. Benefits of Vision Correction With Contact Lenses. Diperoleh 08 Maret 2017 dari : https://www.cdc.gov/contactlenses/benefits.html
  2. Mayo Clinic. (2015, 22 Oktober). Contact Lenses : What to Know Before You Buy. Diperoleh 08 Maret 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/contact-lenses/art-20046293?pg=1