PENANGANAN TEPAT DEMAM PADA BAYI DAN ANAK

Peningkatan pemberian ASI, susu formula, atau jus buah pada bayi atau anak yang demam dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi. Pemberian asupan cairan dan nutri yang cukup dapat membantu mengembalikan kondisi bayi.


Demam adalah peningkatan sementara suhu tubuh yang pada umumnya disebabkan oleh penyakit tertentu. Terjadinya demam merupakan tanda bahwa terjadi sesuatu didalam tubuh. demam pada orang dewasa dapat memberikan rasa nyaman namun tidak membahayakan. Berbeda pada bayi dan balita yang mengalami suhu tinggi dapat menunjukkan terjadinya infeksi serius.

Demam umumnya dapat sembuh dalam beberapa hari dengan menggunakan obat bebas untuk menurunkan demam. Tapi terkadang demam tidak perlu diobati. Demam dapat membantu tubuh untuk melawan sejumlah infeksi.

Pengukuran suhu tubuh bayi dan anak
Mengukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer merupakan cara yang tepat untuk memastikan bayi atau anak mengalami demam. Suhu tubuh normal adalah 36,10C hingga 39,60C dan pada pengukuran termometer rektal/dubur suhu normal adalah dibawah 380C Suhu tubuh dapat diukur dengan beberapa jenis termometes seperti mulut, dubur, telinga dan dahi.
Berikut hasil pengukuran termometer pada bayi dan anak yang menunjukkan bahwa terjadi demam.

  1. Pada bayi/infant
       - Dibawah usia 3 bulan. Demam jika memiliki suhu pada pengukuran rektal/ dubur lebih dari 37,90C.
       - Usia 3-6 bulan. Demam jika memiliki suhu pada pengkuran lebih dari 38,90C dan memiliki tambahan kondisi mudah marah/rewel, lesu, atau terlihat tidak nyaman.
       - Usia 6-24 bulan. Demam jika memiliki suhu lebih dari 38,90C yang berlangsung lebih dari satu hari tetapi tidak menunjukkan gejala-gejala yang lain. Jika demam disertai dengan gejala lain seperti pilek, batuk atau diare maka perlu segera berkonsultasi dengan dokter.
     
  2. Pada anak-anak
    Demam pada anak-anak tanpa penyebab yang jelas tetapi anak tetap merespon dengan baik seperti tetap melakukan kontak mata dengan baik, merespon dnegan ekspresi wajah terhadap suara, tidak kehilangan nafsu makan, dan tetap bermain. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika terjadi :
       - Anak menjadi lesu atau pemarah, mengalami sakit kepala atau sakit perut yang parah atau terjadi beberapa gejala yang menyebabkan rasa tidak nyaman.
       - Anak mengalami demam lebih dari tiga hari.
       - Anak mengalami lesu dan memiliki kontak mata yang sedikit.

Tanda dan gejala demam
Penyebab terjadinya demam dapat menimbulkan beberapa tanda dan gejala tambahan seperti :

Demam pada suhu 39,40C dan 41,10C dapat menyebabkan :

Penanganan demam pada bayi dan anak
Beberapa langkah dapat dilakukan untuk membantu mengatasi demam pada bayi dan anak seperti :

Bayi atau anak belum dapat menyampaikan keluhan sehingga perlu orang tua yang peka terhadap setiap perubahan pada bayi atau anak. Jangan pernah menunda untuk berkonsultasi dengan Dokter di setiap perubahan kondisi pada bayi atau anak.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2014, 29 Mei). Fever. Diperoleh 02 Maret 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fever/basics/treatment/con-20019229
  2. WebMD. (2016, 15 September). Fever in Babies. Diperoleh 02 Maret 2017 dari : http://www.webmd.com/parenting/baby/fever-in-babies#2