BENARKAH TOILET UMUM DAPAT MENYEBARKAN PENYAKIT?

Penggunaan toilet duduk tidak dapat menularkan penyakit herpes genital. Virus herpes genital merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit infeksi menular seksual. Virus herpes genital tidak dapat bertahan hidup lama jika berada diluar tubuh sehingga hampir tidak mungkin untuk seseorang terinfeksi melalui kontak langsung dengan toilet yang telah digunakan oleh orang yang terinfeksi.


Ketika menggunakan toilet umum (misal : restoran, mall, kantor, atau sekolah) mungkin anda pernah jongkok di toilet duduk atau menyiram closet dengan menggunakan kaki atau siku tangan. Mayoritas orang pernah melakukan hal tersebut karena takut terinfeksi oleh kuman yang ada di toilet duduk. Kegelisahan yang dirasakan terutama karena takut tertular penyakit infeksi menular seksual. Apakah bisa kuman pada toilet duduk menginfeksi seseorang?

Apakah herpes genital dapat menginfeksi melalui toilet duduk?
Menggunakan toilet duduk tidak dapat menyebabkan seseorang terinfeksi herpes genital. Herpes genital merupakan salah satu penyakit infeksi menular seksual yang menyebar melalui kontak langsung kulit dengan kulit. Pada kebanyakan kasus virus menginfeksi seseorang melalui selaput lendir (jenis kulit pada mulut, alat kelamin, dan anus).  Virus juga dapat menginfeksi melalui luka pada tubuh atau air mata. Virus herpes genital tidak dapat bertahan hidup lama jika berada diluar tubuh sehingga hampir tidak mungkin untuk seseorang terinfeksi melalui kontak langsung dengan toilet yang telah digunakan oleh orang yang terinfeksi.

Apakah bakteri yang berada pada toilet duduk?
Kuman yang kemungkinan paling umum ada pada toilet duduk adalah bakteri Escherichia coli, Shigella, Streptococcus. Bakteri-bakteri tersebut menginfeksi bagian dalam tubuh manusia melalui makanan dan minuman yang terinfeksi sehingga memiliki kemungkinan kecil untuk menginfeksi kulit manusia.

Apakah yang perlu dilakukan untuk mencegah infeksi dari toilet duduk?
Sistem kekebalan tubuh merupakan baris pertama pertahanan untuk mencegah terinfeksi bakteri dari toilet duduk. Dan mencuci tangan merupakan upaya tambahan untuk dapat menjaga tubuh dari infeksi bakteri. Beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah infeksi dari toilet duduk :

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2014, 30 Juli). Can You Get Genital Herpes From a Toilet Seat?. Diperoleh 27 Februari 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/genital-herpes/expert-answers/genital-herpes/faq-20058506
  2. WebMD. What Can You Catch in Restrooms?. Diperoleh 27 Februari 2017 dari : http://www.webmd.com/balance/features/what-can-you-catch-in-restrooms#1