APAKAH PENYEBAB PENYAKIT KUNING PADA BAYI?

Penyakit kuning menyebabkan perubahan warna kulit dan bagian putih mata menjadi kuning. Penyakit kuning disebabkan peningkatan kadar bilirubin pada darah bayi yang baru lahir.


A : wah abis lahiran ya?loh bayinya mana?

B : bayi saya masih di rumah sakit karena kuning.

Hal tersebut sering terjadi disekitar kita ketika bayi lahir dan mengalami kuning atau jaundice. Penyakit kuning pada bayi merupakan perubahan warna kuning pada kulit dan mata bayi yang baru lahir. Penyakit kuning merupakan kondisi umum terutama pada bayi yang lahir sebelum 38 minggu kehamilan (bayi prematur) dan pada bayi yang tidak mengkonsumsi ASI. Penyakit kuning bayi pada umumnya terjadi karena hati bayi belum memiliki kemampuan untuk menghilangkan bilirubin dalam aliran darah sehingga bayi memiliki kandungan bilirubin yang tinggi pada darahnya.

Pada umumnya penyakit kuning tidak berbahaya tetapi juga mungkin dapat disebabkan karena penyebab yang serius. Bayi yang terkena penyakit kuning tidak membutuhkan pengobatan. Fototerapi diperlukan untuk mengobati penyakit kuning. Tes dan perawatan lainnya mungkin juga diperlukan jika ditemukan penyebab yang lebih serius.

Tanda dan gejala penyakit kuning
Bayi yang baru lahir memiliki kadar bilirubin yang tinggi dalam darah. bilirubin adalah zat kuning yang diproduksi oleh tubuh ketika sel darah merah yang tua rusak. Hati membantu memecah zat sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh dalam tinja atau feses. Penyakit kuning menyebabkan kulit dan bagian putih mata bayi menjadi kuning.

Penyebab penyakit kuning
Bayi yang baru lahir memiliki sel darah merah lebih banyak daripada orang dewasa dan sel darah merah ini tidak bertahan lama. Ketika sel-sel darah merah rusak, maka bilirubin diproduksi. Bilirubin diproduksi dengan cepat daripada hati memecahnya sehingga kadar bilirubin meningkat.

Dalam beberapa minggu jumlah sel darah merah yang rusak menurun.  Sehingga hati juga mampu memecah bilirubin yang lebih cepat. Penyakit kuning umumnya pertama kali terlihat ketika bayi berusia 2-4 hari dan meningkat hingga hari ke-7 dan kemudian akan memudar dan menghilang pada hari ke 14.

Penyebab lain dari terjadinya penyakit kuning adalah :

Faktor resiko penyakit kuning
Terdapat beberapa kondisi yang meningkatkan terjadinya penyakit kuning :

Penanganan penyakit kuning
Pemberian cairan yang cukup pada bayi sangat penting. Pengobatan juga dibutuhkan penyebab penyakit kuning yang lain.

Ketika penyakit kuning bayi tidak parah, dokter akan merekomendasikan perubahan kebiasaan makan yang dapat menurunkan kadar bilirubin. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan dirumah untuk menangani bayi yang mengalami penyakit kuning :

ASI merupakan sumber nutrisi dan sistem kekebalan tubuh terbaik bagi bayi. Bagi seorang IBU, menyusui adalah tanggung jawab dan bukan sebuah pilihan.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2014, 03 April). Infant Jaundice. Diperoleh 01 Maret 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/infant-jaundice/basics/treatment/con-20019637
  2. Patient. (2016, 10 November). Neonatal Jaundice. Diperoleh 01 Maret 2017 dari : http://patient.info/health/neonatal-jaundice-leaflet