DAPATKAH KITA MENCEGAH TERTULAR VIRUS INFLUENZA?

Mendapatkan vaksin influenza setiap tahun merupakan salah satu upaya untuk mencegah virus influenza. Upaya lain untuk mencegah influenza adalah dengan melakukan gaya hidup sehat dengan memiliki tidur yang cukup dan berkualitas, olahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan bergizi, dan minum air putih yang cukup.


Flu atau influenza merupakan penyakit yang mayoritas orang pernah mengalami. Seseorang yang memiliki kondisi kesehatan seperti asma, penyakit jantung, diabetes, atau memiliki sistem kekebalan yang lemah. Cara terbaik untuk mencegah flu adalah mendapatkan vaksin setiap tahun.

Mengapa harus mendapatkan vaksin
Virus flu dapat berkembang dengan cepat sehingga kemungkinan vaksin yang Anda terima tahun lalu tidka dapat melindungi diri Anda dari virus flu tahun yang baru. Setelah mendapatkan vaksinasi, sistem kekebalan tubuh akan membentuk antibodi untuk melindungi tubuh dari virus.

Siapa saja yang harus mendapatkan vaksin?
Vaksin influenza direkomendasikan untuk semua orang diatas usia 6 bulan. Vaksin diberikan terutama untuk orang yang beresiko tinggi dapat mengalami komplikasi influenza, seperti :

Bisakah mencegah flu tanpa menggunakan vaksin?
Dengan atau tanpa mendapatkan vaksin dapat dilakukan beberapa langkah untuk membantu melindungi diri dari flu dan virus yang lain. menjaga kebersihan adalah kunci mencegah terjadinya flu. Berikut beberapa cara untuk menghindari flu :

Bagaimana cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh?
Untuk melawan virus flu, tubuh harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk tetap sehat :

Menutup mulut ketika batuk dan bersin merupakan cara sederhana dan beretika untuk mencegah terjadinya penularan influenza. Karena VIRUSKU BUKAN UNTUKMU.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Centers for Disease Control and Prevention. (2016, 02 Agustus). Preventing the Flu : Good Health Habits Can Help Stop Germs. Diperoleh 21 Februari 2017 dari : https://www.cdc.gov/flu/protect/habits.htm
  2. Mayo Clinic. (2016, 24 September). Flu Shot : Your Best Bet For Avoiding Influenza. Diperoleh 21 Februari 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/flu/in-depth/flu-shots/art-20048000?pg=2
  3. WebMD. How to Prevent the Flu. Diperoleh 21 Februari 2017 dari : http://www.webmd.com/cold-and-flu/flu-guide/cold_flu_stopping_germs_work#2