KENALI BAHAYA PENGGUNAAN EARPHONE

Mendengarkan musik sambil mengerjakan sesuatu itu memang mengasyikkan. Apalagi menggunakan earphone. Namun tahukah anda penggunaan earphone selama lebih dari 15 menit dengan tingkat kekerasan lebih dari 5 setiap hari dapat meningkatkan resiko gangguan pada pendengaran?


Mendengarkan musik menggunakan earphone ketika bekerja, berolahraga atau memasak adalah hal yang menyenangkan. Dibalik kegiatan itu tahukah Anda bahwa hal tersebut memberikan dampak buruk pada telinga.
Pada bagian dalam telinga memiliki sel-sel rambut kecil yang berfungsi membantu agar seseorang dapat mendengarkan suara.

Telinga manusia seperti halnya bagian tubuh yang lain dapat rusak jika terlalu banyak digunakan. Paparan suara keras berulang dapat menyebabkan gangguan pada telinga. Ketika rambut atau sel-sel saraf di koklea rusak maka sinyal listrik tidak dapat dikirimkan secara efisien sehingga terjadi gangguan pendengaran.

Suara keras yang bagaimanakah dapat merusak telinga?
Satuan yang digunakan untuk mengukur kekerasan suara adalah decibel (dB).

Faktor resiko yang dapat meningkatkan kerusakan telinga ketika mendengarkan musik adalah :

Pekerjaan atau kegiatan yang dapat meningkatkan terjadinya gangguan pendengaran adalah seperti berikut :

Tanda dan gejala gangguan pendengaran
Gangguan pendengaran karena penggunaan earphone pada umumnya bertahap, kumulatif, dan tanpa tanda-tanda peringatan yang jelas. Berkonsultasilah dengan dokter jika tanda dan gejala menjadi parah seperti :

Bagaimana cara mendengarkan musik melalui musik portable?
Earphone yang berukuran kecil dan dimasukkan kedalam telinga. Pengguna earphone cenderung meningkatkan volume untuk menghalangi kebisingan. Jika Anda menggunakan earphone dan orang disebelah anda dapat mendengarkan musik yang anda dengar maka volume terlalu keras.

Tips penggunaan headphone adalah :

Mari membatasi penggunaan earphone untuk mencegah terjadinya gangguan pendengaran.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. American Osteopathic Association. Hearing Loss and Headphones-Is Anyone Listening?. Diperoleh 14 Februari 2017 dari : http://www.osteopathic.org/osteopathic-health/about-your-health/health-conditions-library/general-health/Pages/headphone-safety.aspx
  2. Medline Plus. (2016, 25 Mei). Hearing Loss and Music. Diperoleh 14 Februari 2017 dari : https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000495.htm
  3. Mayo Clinic. (2015, 03 September). Hearing loss. Diperoleh 14 Februari 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hearing-loss/basics/causes/con-20027684