MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK-ANAK

Hanya dengan meminta anak untuk bercerita tentang kejadian yang mereka alami ternyata dapat membantu mengembangkan daya ingat anak. Cerita adalah alat yang baik karena anak-anak dapat menggambarkan sebuah peristiwa di otak mereka.


Setiap orang tua pasti akan bangga dan menginginkan anaknya dapat berprestasi. Salah satu yang dapat membantu meningkatkan prestasi anak adalah dengan meningkatkan daya ingatnya. Perkembangan otak adalah hal yang terkait dengan daya ingat dan perkembangan sensorik seorang anak.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan otak anak yang meliputi :

Meningkatkan memori pada anak memerlukan usaha yang panjang, diperlukan beberapa metode yang dikombinasi untuk meningkatkan memori. Kecerdasan pada anak merupakan kombinasi dari kemampuan sentuhan, sensorik, penglihatan, ucapan (verbal), dan pendengaran. Memaksimalkan fungsi dari semua indera dapat mengembangkan memori.
Untuk mendapatkan prestasi yang bagus disekolah seorang anak perlu mengembangkan memori jangka pendeknya. Namun, ada memori lain yang juga diperlukan adalah memori yang dapat menyimpan, menyusun, mengatur dan menerjemahkan informasi secara sementara. Kedua memori tersebut membantu anak untuk mengingat pelajaran dan mengerjakan ujian secara efektif.

Berikut adalah beberapa teknik sederhana yang dapat membantu untuk melatih daya ingat anak :

Setiap anak memiliki keunikan masing-masing, begitu juga dengan cara mengembangkan kemampuannya dan orang tua memiliki peran penting disetiap pertumbuhan dan perkembangan anak.

 

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. Live Strong. (2013, 24 Oktober). What Factors Affect Cognitive Development in Infants. Diperoleh 07 Februari 2017 dari : http://www.livestrong.com/article/536113-what-factors-affect-cognitive-development-in-infants/
  2. Brainy Child. How to Improve Children Memory Power? Some Simple Techniques. Diperoleh 07 Februari 2017 dari : http://www.brainy-child.com/articles/improve-children-memory-power.shtml