BAU KAKI

Bau kaki merupakan kondisi yang membuat tidak nyaman dan menurunkan tingkat percaya diri. Menjemur sepatu setelah digunakan selama dua hari berturut-turut dapat membantu mencegah bau kaki.


Bau kaki atau dalam bahasa medis disebut bromodosis dapat menjadi indikasi kebersihan yang buruk atau terjadinya suatu penyakit.
Pada umumnya bau kaki terjadi ketika memakai sepatu yang tertutup. Bau kaki dapat hilang meskipun setelah melepas sepatu, mencuci kaki, dan mengenakan kaus kaki yang bersih. Namun terkadang masalah akan dapat berlanjut meskipun sudah melakukan beberapa upaya untuk menghilangkan bau pada kaki.

Penyebab bau kaki
Kelenjar keringat memiliki fungsi untuk melembapkan kulit sehingga kulit menjadi lentur dan untuk mengatur suhu ketika cuaca panas atau saat berolahraga. Terdapat lebih banyak kelenjar keringat pada kaki dari pada tempat lain ditubuh. Kelenjar keringat pada mengeluarkan keringat sepanjang waktu dan bukan hanya ketika suhu panas atau berolahraga. Bau kaki terjadi ketika bakteri pada kulit bercampur dengan air keringat.
Bau kaki yang terus menerus terjadi disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur. Kondisi yang dapat menyebabkan kaki berkeringat dan bau adalah ketika :

Penanganan bau kaki
Bau kaki dapat diatasi dengan beberapa cara, seperti :

Bagaimana cara mencegah terjadinya bau kaki?
Cara terbaik untuk mencegah terjadinya bau kaki adalah dengan menjaga kebersihan diri dan tidak menggunakan sepatu yang sama selama 2 hari berturut-turut. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk mencegah bau kaki :

Menjaga kebersihan diri sendiri merupakan salah satu upaya untuk mencegah timbulnya penyakit.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. Health Grove. Bromodosis (Smelly Feet). Diperoleh 08 Februari 2017 dari : http://conditions.healthgrove.com/l/179/Bromodosis-Smelly-Feet
  2. WebMD. Foot Odor. Diperoleh 08 Februari 2017 dari : http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/tc/foot-odor-topic-overview
  3. WebMD. (2015, 14 Juli). Smelly Feet : What Causes This and How Can I Prevent It?. Diperoleh 08 Februari 2017 dari : http://www.webmd.boots.com/foot-care/smelly-feet